Puluhan Mobil Mewah Baru Disewa untuk Pelantikan Jokowi, Intip Speknya

Mercedes-Benz sambangi istana negara untuk pelatihan produk
Sumber :
  • Viva.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wapres 2019-2024, pada 20 Oktober mendatang. Acara itu akan dihadiri oleh banyak tamu negara, dan juga perwakilan negara sahabat.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Untuk memudahkan mereka bepergian selama di Indonesia, Kementerian Sekretariat Negara menggelontorkan anggaran Rp1 miliar. Dana tersebut dipakai untuk menyewa kendaraan.

Tak tanggung-tanggung, jumlah mobil yang disewa hampir mencapai 100 unit. Sebagian besar adalah mobil mewah merek Jerman, Mercedes-Benz. Kondisinya juga baru, dalamnya masih dibungkus dengan plastik.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Pengadaan kendaraan sewa itu, diungkapkan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Ia mengatakan, penyewaan dilakukan selama empat hari.

"Anggaran untuk sewa, dari kami (Sekretariat Presiden). Enggak mahal. Kami minta empat hari. Kurang lebih Rp1 miliar," ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis 17 Oktober 2019, dikutip dari VIVAnews.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Meski disewa hanya sebentar, namun Heru menjelaskan, bahwa ada 18 unit Mercy yang spesifikasinya ditentukan oleh Kementerian Luar Negeri.

“Yang kami siapkan adalah kendaraan yang brand new. Jadi, ada S450 untuk kepala negara. Dan, selevel atau utusan itu adalah E300,” tuturnya.

“S450 jumlahnya 11, cadangan satu. E300 13 unit. E250 empat unit. E200 sebanyak 10 unit. Sisanya kendaraan pendukung, contoh Alphard 18 unit, Camry sembilan unit, dan Fortuner sebanyak 27 unit," kata dia menambahkan.

Diketahui, S450 adalah seri tertinggi dari Mercedes-Benz. Mobil ini dibekali dengan mesin enam silinder berkapasitas 3.000cc. Sementara, E300 disematkan mesin empat silinder 2.000cc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya