Mengenang Sejarah Corolla, Mobil Toyota yang Laku Tiap 15 Detik

All New Toyota Corolla Altis Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Corolla menjadi salah satu tipe mobil, yang jadi andalan Toyota di seluruh dunia. Kendaraan jenis sedan itu pertama kali hadir pada 1966.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Pada 1997, Corolla bahkan menjadi mobil sedan paling laku di dunia. Hingga Februari 2017, ada 44,1 juta unit yang berpindah tangan ke konsumen. Pada 2015, Corolla bahkan terjual setiap 15 detik.

Penampilannya selalu menarik, dan disematkan mesin serta teknologi tercanggih. Tak heran, mobil ini pernah mendominasi pangsa pasar sedan di Indonesia, dengan angka 58,7 persen.

Toyota Corolla Lawas Jadi Mobil Kesayangan Kabareskrim Polri

Penasaran dengan sejarahnya? Berikut perjalanan Toyota Corolla dari masa ke masa, dikutip dari Seva.id, Senin 28 Oktober 2019:

Generasi Pertama

Intip Ubahan Mobil Baru Toyota yang Dikenalkan Oktober Mendatang

Generasi pertama Toyota Corolla dirilis di Jepang, pada 1966. Negara pertama yang jadi tujuan ekspor, yakni Australia.

Layaknya tren saat itu, Toyota membekali Corolla dengan lampu bulat dan spion di kap mesin. Mesinnya berkapasitas 1.100cc, dengan kode KE10. Sekitar 1970, muncul facelift?-nya. Ubahan yang paling mencolok, adalah mesin berkapasitas 1.200cc.

Generasi Dua

Ini adalah model Corolla pertama yang hadir di Indonesia. Tak cuma dijual, tipe ini juga dirakit di dalam negeri. Memakai mesin 3K berkapasitas 1.200cc, Corolla tipe ini banyak digunakan sebagai taksi, karena ketangguhannya.

Generasi Tiga

Krisis bahan bakar pada 1974, membuat Corolla laris manis di seluruh dunia. Toyota mengubah lampu menjadi lebih lebar, dan bentuk depan serta belakangnya diubah lebih modern.

Generasi Empat

Dikenal dengan nama Corolla DX, mobil ini menjadi buruan para kolektor hingga saat ini. Mesinnya 1.300cc, dan menganut gerak roda belakang.? Desainnya serba kotak, termasuk lampu depan. Banyak yang suka dengan mobil ini, karena ketangguhannya.

Generasi Lima

Bila Toyota Corolla DX menggunakan penggerak belakang, seri berikutnya, yakni Corolla GL menggunakan penggerak depan agar agar lebih efisien, nyaman, dan menambah lapang interior. Pada 1985, Toyota memasang mesin 2E berkapasitas 1.300cc pada tipe ini.

Generasi Enam

Biasa disebut dengan julukan Twin Cam, generasi ke-6 Corolla ini banyak disukai karena bentuknya yang ramping. Mesinnya juga sudah menganut teknologi camshaft ganda. Di Indonesia, sempat muncul varian Corolla Twin Cam GT.

Generasi Tujuh

Greco menjadi sebutan dari generasi ke-7 Corolla, kependekan dari Great Corolla. Sempat sebanyak facelift sebanayk empat kali, mobil ini mengusung mesin 1.300cc dan 1.600cc.

Generasi Delapan

Setelah masa Greco berakhir, muncul New Corolla dan All New Corolla. Keduanya merupakan sedan dengan fitur terlengkap dan termewah di kelasnya kala itu. Sebab, sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system, dual airbag, variable timing wiper.

Generasi Sembilan

Citra Corolla mulai berubah, dari sedan kompak keluarga menjadi sedan mewah yang elegan. All New Corolla pun akhirnya digantikan dengan Corolla Altis, yang memasuki generasi sembilan.

Eksteriornya nyaris berubah total, generasi ini mengadopsi desain yang bisa dibilang lebih besar, baik panjang dan lebarnya.

Generasi 10

Grand New Corolla Altis dibekali dua kapasitas mesin, yakni 1.800cc dan 2.000cc. Keduanya mengadopsi teknologi Dual VVT-i, dengan transmisi enam percepatan manual atau tujuh percepatan otomatis CVT.

Kekedapan kabin sangat terasa, berkat fitur Noise Vibration Harshness (NVH) yang akan membuat kabin semakin senyap.

Generasi 11

Toyota All New Corolla Altis menganut desain eksterior yang lebih tajam dengan sisi sporty. Mesinnya berkapasitas 1.800cc dengan teknologi Dual VVT-i terbaru, serta dilengkapi fitur Sport Drive Mode.

Bagian kaki-kaki depan menggunakan suspensi jenis MacPherson Strut dengan coil spring dan stabilizer pada bagian depan, sementara di bagian belakangnya berjenis torsion beam.

Generasi 12

Generasi baru Corolla Altis Grille bagian bawahnya dibuat lebih besar, dan diapit dua lampu kabut berukuran mini. Ada lis krom di sisi kiri dan kanannya. Lampu menggunakan teknologi proyektor, dan dibuat menyipit khas mobil zaman sekarang.

Beberapa yang baru, yakni platform Toyota New Global Architecture atau TNGA, Toyota Safety Sense, panel instrumen baru, serta sistem hiburan kekinian. Mesinnya kini tersdia dalam varian Hybrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya