5 Alasan Toyota Corolla Altis Hybrid Layak Dibeli

All New Toyota Corolla Altis Hybrid
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Corolla menjadi sedan andalan Toyota, di seluruh dunia. Mobil tersebut pertama kali diperkenalkan pada 1966, dan kini sudah memasuki generasi ke-12.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Corolla juga menjadi mobil favorit masyarakat di Indonesia. Tipe Corolla DX bahkan masih menjadi buruan kolektor, karena nilai klasik dan kekuatan mesinnya.

Pada 2000, PT Toyota Astra Motor mengenalkan nama baru, yakni Corolla Altis. Dan belum lama ini, mobil sedan berkapasitas lima penumpang itu hadir dalam versi modern dan ramah lingkungan.

Toyota Corolla Lawas Jadi Mobil Kesayangan Kabareskrim Polri

Banyak ubahan yang dilakukan oleh Toyota pada All New Corolla Altis. Mulai dari sektor eksterior, kenyamanan kabin, hingga performa. Berikut daftar lengkapnya, dilansir dari laman resmi TAM, Rabu 30 Oktober 2019:

Platform TNGA

Intip Ubahan Mobil Baru Toyota yang Dikenalkan Oktober Mendatang

All New Corolla Altis Hybrid dirancang menggunakan platform terbaru, yang diberi nama Toyota New Global Architecture atau TNGA. Sebelumnya, platform ini diterapkan untuk pembuatan Toyota Prius dan Toyota C-HR.

Dengan memakai TNGA, maka mesin bisa dipasang lebih rendah 20 milimeter. Efeknya, kestabilan mobil jadi meningkat, begitu juga dengan kenyamanannya.

Mesin irit BBM

All New Corolla Altis Hybrid menggunakan kombinasi mesin bensin 2ZR-FXE dan dinamo listrik. Mesin bensinnya berkapasitas 1.800cc, dan hanya menghasilkan emisi gas CO2 sebanyak 22 gram per kilometer.

Dengan bantuan motor listrik, tenaga yang dihasilkan mencapai 120 daya kuda. Berkat bantuan energi setrum, maka konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit 70 persen dari mesin bensin di kelas yang sama, yakni sekitar 18-22 kilometer per liter.

Kabin luas dan nyaman

Toyota melengkapi All New Corolla Altis Hybrid dengan berbagai fitur canggih. Mulai dari sistem audio layar sentuh, hingga panel instrumen LCD berukuran tujuh inci yang memberi penampilan mewah.

TNGA juga memungkinkan pengemudi melihat lebih leluasa ke arah luar. Pandangan ke samping jadi lega, karena ukuran pilar A dibuat ramping dan rumah kaca spion diperkecil, namun tetap efektif memantau situasi belakang.

Eksterior modern

Desain luar All New Corolla Altis kini tampil lebih dinamis. Akses udara pada bumper depan dibuat lebar, menegaskan kesan sporty dari sedan tersebut. Ukuran lampu dibuat mengecil, sesuai dengan tren saat ini.

Bumper belakang dan lampu rem juga berbeda dari generasi sebelumnya. Kaki-kaki disematkan pelek 10 jari, dan dibalut ban dengan ukuran 17 inci.

Perangkat keamanan canggih juga disematkan, dan dikemas dalam wujud Toyota Safety Sense. Kemampuannya antara lain mencegah tabrakan, dan membantu mobil menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis.

Harga

Saat ini, TAM menawarkan All New Corolla Altis dengan harga Rp566,3 juta, dengan status on the road DKI. Namun, harga tersebut akan menjadi lebih murah, saat Peraturan Pemerintah nomor 73 tahun 2019 mulai berlaku dua tahun lagi.

Dalam PP tersebut, mobil yang menggunakan mesin Hybrid dan memiliki angka emisi CO2 kurang dari 100 gram per kilometer, maka hanya dikenakan pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM sebesar 15 persen dari 15,33 persen harga jual. Sebelumnya, angkanya mencapai 30 persen dari 100 persen harga kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya