Truk Masa Depan Bentuknya Mirip Skateboard

Truk masa depan Hino FlatFormer
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Tak hanya mobil pribadi, produsen otomotif juga memiliki visi akan kendaraan komersial di masa depan. Teknologinya tidak jauh berbeda, yakni memakai energi bukan fosil dan efisien dalam hal operasionalnya.

Bus dan Truk Hino Lebih Maksimal Pakai BBM Ini

Seperti yang dilakukan oleh Hino. Produsen sasis truk dan bus itu memanfaatkan pameran Tokyo Motor Show 2019, untuk memamerkan kebolehan mereka merancang kendaraan komersial versi masa depan.

Ada satu kendaraan konsep yang mereka pamerkan, yakni FlatFormer. Sesuai namanya, bentuk dari sasis kendaraan itu nyaris rata di bagian atas. Sepintas, wujudnya mirip dengan papan seluncur atau skateboard.

Bus dan Truk Baru Hino Kini Lebih Ramah Lingkungan

Pertama kali dipamerkan di dunia, FlatFormer disebut bakal mengubah konsep dari mobilitas untuk selamanya. Faktor utama yang ditonjolkan kendaraan ini, adalah ruang yang lega untuk menempatkan berbagai macam karoseri.

Hino FlatFormer dipamerkan di TMS 2019

Hino Beri Sinyal akan Memproduksi Truk dan Bus Listrik di RI

Baca Juga: Berburu Chevrolet Spin dan Captiva Bekas

Sasis konsep Hino ini bisa digunakan sebagai kendaraan multifungsi, mulai dari membawa penumpang hingga mengangkut barang. Uniknya, fungsi dari FlatFormer bisa diubah dalam waktu singkat, sehingga bisa menghemat pengeluaran perusahaan untuk membeli berbagai jenis kendaraan.

“Ada dua karakteristik pada FlatFormer. Pertama, desainnya pipih dan datar, ini memaksimalkan ruang. Kedua, beragam bodi berbeda dapat dipasang, sehingga pelayanan yang diberikan juga beragam,” ujar Designer Future Mobility Concept Hino Motors, Yuji Sekiguchi melalui keterangan resmi, Jumat 1 November 2019.

Sebagai informasi, Hino FlatFormer memiliki panjang 4,7 meter, lebar 1,7 meter dan tinggi 0,33 meter. Penggeraknya menggunakan dinamo listrik, yang mampu menghasilkan tenaga 170 kilo Watt atau sekitar 227 daya kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya