Ujian SIM Belum Cukup Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Ujian praktik membuat SIM.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berdasarkan data statistik Korps Lalu Lintas Polri, selama paruh pertama 2019 tercatat 32.403 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia, yang menyebabkan 6.941 kematian. Dari jumlah tersebut, ada sejumlah besar kasus yang melibatkan pengemudi usia muda, dengan rentang usia 15-24 tahun.

Instruktur Safety Riding AHM Raih Prestasi Gemilang di Ajang Internasional

Meski mereka sudah mengikuti ujian saat membuat Surat Izin Mengemudi, hal itu bukan jaminan sebuah kecelakaan tidak terjadi. Perilaku mengemudi yang kurang baik, menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan. Mulai dari kurangnya disiplin, mengabaikan aturan lalu lintas, hingga kurang konsentrasi.

Interim President Director Michelin Indonesia, Steven Vette mengatakan, para pengendara wajib memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi dan komponen kendaraan maupun perilaku berkendara. Itu sebabnya, perusahaannya kembali menggelar Michelin Safety Academy.

Cara Honda Bikin Pengguna Sepeda Motor Aman di Jalan

“MSA fokus pada perubahan perilaku yang menjunjung tinggi keamanan, bertanggung jawab, bahkan menginspirasi,” ujarnya di Jakarta, Senin 4 November 2019.

MSA 2019 terdiri dari beberapa acara, seperti edukasi keselamatan berkendara, pelatihan mengemudi dan uji SIM sesuai prosedur yang berlaku, ditambah dengan pengetahuan lalu lintas dan ketrampilan mengemudi.

Totalitas AHM Mengikuti Kompetisi Safety Riding di Luar Negeri

Kampanye tersebut menyasar kurang lebih 500 pelajar dan staf pengajar, dari 20 sekolah yang tersebar di daerah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Acara digelar mulai dari 30 Oktober hingga 23 November 2019, dan terdiri dari tiga tahap. Pertama, dilakukan roadshow dan seminar berupa pembekalan dan latihan berkendara. Kemudian, peserta terpilih menerima pelatihan mengemudi oleh Michelin Indonesia, dilanjutkan dengan pelaksanaan uji SIM di Satpas Daan Mogot.

“Pengemudi muda yang lulus dari Michelin Safety Academy, diharapkan menjadi pelopor keselamatan dan menginspirasi teman-teman mereka dan sekitarnya untuk menjadi pengemudi yang bertanggung jawab,” ujar Head of Marketing Consumer Product Michelin Indonesia, Roslina Komalasari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya