Suzuki akan Bikin Kembaran Toyota Raize

Logo Suzuki
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Toyota baru saja resmi meluncurkan mobil baru, di Jepang. Bentuknya sport utility vehicle, dan diberi nama Raize. Harga jualnya sekitar Rp200 jutaan.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Daihatsu juga memiliki kembarannya, yang diberi nama Rocky. Wujudnya sama persis dengan Raize, mulai dari sisi samping hingga belakang. Hanya desain depannya saja yang berbeda, disesuaikan dengan konsep masing-masing.

Baik Raize maupun Rocky dibekali dengan mesin bensin tiga silinder, dengan kapasitas 1.000cc. Platformnya menggunakan versi terbaru dari masing-masing merek, yakni Toyota New Global Architecture dan Daihatsu New Global Architecture.

8 Mobil Baru Rp100 Jutaan per April 2024

Nah, ternyata ada produsen mobil asal Jepang lainnya, yang juga berniat untuk membuat mobil serupa. Dilansir dari Rushlane, Kamis 7 November 2019, merek yang dimaksud yakni Suzuki.

Mobil baru Toyota Raize

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Maruti Suzuki sebagai agen pemegang merek di India, memang menjalin kerja sama dengan Toyota. Platform TNGA rencananya akan dipakai oleh Suzuki, untuk membuat SUV lima penumpang.

Namun, hingga kini belum diketahui, apakah mobil baru tersebut akan menjadi model sendiri atau generasi terbaru dari Vitara. Meski secara segmen berbeda, namun bentuk keduanya memiliki kemiripan.

Jika nanti diproduksi oleh Suzuki India, maka Raize akan mendapat tambahan dimensi. Panjangnya tidak lagi empat meter, melainkan jadi 4,3 meter. Lingkar rodanya disebut-sebut akan lebih besar, bahkan bisa menampung ban 17 inci.

Soal mesin, Suzuki tampaknya akan menyematkan jantung penggerak andalan mereka yang selama ini dipasang di beberapa model, yakni empat silinder berkapasitas 1.500cc.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya