Setop Bikin Datsun, Apa Aktivitas Pabrik Nissan?

New Datsun GO
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Kebangkitan merek Datsun di Indonesia, ternyata tidak bertahan lama. Produsen mobil asal Jepang yang berada di bawah naungan Nissan itu, memutuskan untuk mengakhiri bisnis mereka di Tanah Air.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. Ia mengatakan, pihak Datsun Indonesia telah menghubunginya lewat telepon.

“Dia menyampaikan, penjualannya sangat sedikit. Di bawah skala ekonomi untuk bergerak,” tuturnya kepada VIVA.co.id, Senin malam 25 November 2019.

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Dengan kondisi seperti itu, Datsun merasa harus melakukan sesuatu. Jalan yang dipilih, adalah menghentikan semua produksi kendaraan mereka.

“Mereka bilang, akan mengubah strategi. Datsun akan setop memproduksi tipe GO dan GO+ mulai awal 2020,” ungkapnya.

Bos Honda Bertemu Nissan, Bahas Isu Penting

Saat ini, semua produk Datsun di Indonesia dibuat di pabrik PT Nissan Motor Indonesia. Sementara, model Nissan yang ditawarkan ke pasar dalam negeri didatangkan dari luar negeri.

Kecuali All New Livina, mobil kembaran Mitsubishi Xpander yang dirakit di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia atau MMKI.

Dengan hengkangnya Datsun, nantinya apa kegiatan di pabrik Nissan Indonesia?

“Nissan tetap ada. Mereka akan masuk ke industri komponen, membuat mesin untuk Livina, bekerja sama dengan Mitsubishi,” ujarnya.

Selain itu, kata Putu, NMI sedang menjajaki kemungkinan memasarkan mobil listrik di Tanah Air. Saat ini, mereka sedang melakukan riset dan uji coba pasar.

“Nissan kan punya Leaf dan e-Power tuh,” kata Putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya