Seberapa Laris SUV 1500cc Turbo di Indonesia?

Honda CR-V Turbo dites di Bromo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Dunia saat ini membutuhkan kendaraan yang hemat bahan bakar. Meski hal itu bisa mengurangi emisi gas buang, namun dengan menurunkan kapasitas mesin, hal itu akan berdampak pada performa yang dihasilkan.

Mobil SUV Ini Baru Dijual Laku Ribuan Unit, Inden 1,5 Tahun

Untuk mengatasinya, produsen kendaraan memasang perangkat turbocharger. Jadi, mereka tetap bisa menyematkan mesin berkapasitas lebih kecil, tapi tenaga yang dihasilkan justru lebih besar.

Di Indonesia, ada tiga model mobil yang ditawarkan dalam konfigurasi mesin 1.500cc dan dibekali turbocharger. Yakni, Honda CR-V, Wuling Almaz dan DFSK Glory 580.

Mobil SUV Rp1 Miliaran Ini Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Ketiganya berada dalam segmen yang sama, yaitu sport utility vehicle atau SUV. Semuanya bisa diisi hingga tujuh penumpang, sehingga ideal buat mereka yang menyukai mobil berpenampilan gagah namun bisa muat banyak.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Senin 9 Desember 2019, CR-V memimpin penjualan sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini.

Terpopuler: Motor Termahal di IIMS 2024, Mobil SUV Dipesan Orang Tiap 5 Menit

Mobil tersebut selama 10 bulan, didistribusikan ke diler sebanyak 8.241 unit. Urutan dua ditempati oleh Almaz, dengan angka 6.700 unit, lalu disusul Glory 580 dengan 281 unit.

Jika dibandingkan dengan multi purpose vehicle atau MPV, memang angka penjualan SUV belum sebanding. Namun, perlahan peminat SUV bermesin turbocharger di Tanah Air semakin meningkat setiap tahunnya.

Bahkan, komunitasnya juga semakin berkembang, Seperti CR-V Club Indonesia atau CCI, yang baru saja menggelar munas dan jambore ke-3 di Banten. Berdiri sejak 2005, jumlah anggota CCI saat ini sudah mencapai 2.100 orang, yang tersebar di 23 chapter.

“Dalam acara Jamnas dan Munas di tahun ini, semua anggota bisa bersilaturahmi dan memberikan semangat positif bagi anggota CR-V Indonesia, untuk terus bersinergi dalam membangun CCI ke arah yang lebih baik,” ujar Ketua Umum CCI, Oji Fauzi.

Tak hanya sekadar kumpul-kumpul, komunitas tersebut juga menggelar aksi bersih-bersih pantai dan menaruh puluhan tong sampah di wilayah sekitar pantai, agar para pengunjung dapat membuang sampah dengan mudah.

Komunitas CR-V Club Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya