Garasi Presiden RI Ke-4, Ternyata Pernah Ada Sedan Mewah Jerman

Sedan klasik Mercedes-Benz milik Gus Dur
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Mobil bukan hanya dipakai sebagai alat transportasi, tetapi bisa juga meningkatkan gengsi penggunanya. Apalagi, jika kendaraan tersebut pernah dipakai oleh pemimpin negara.

Ribuan SUV Mercedes-Benz Dipaksa ke Bengkel karena Berpotensi Kebakaran

Hal ini dialami oleh Levi Rici, pemilik mobil klasik Mercedes-Benz W116 tipe 450 SEL V8. Sedan mewah bertransmisi otomatis lansiran 1973 tersebut, ternyata pernah ada di dalam garasi Presiden RI ke-4, KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

Levi merupakan pemilik ketiga mobil sedan lawasa buatan Jerman tersebut. Sebelumnya, mobil itu adalah milik salah seorang kerabat dekat Gus Dur, yang kemudian menjualnya kepada Levi.

Mewah dan Canggihnya Sedan Terbaru Mercedes-Benz

"Saya beli tahun 2012. Mobil ini interiornya masih seperti aslinya. BPKB dan STNK nya masih atas nama KH. Abdurahman Wahid atau Gus Dur," ucapnya seperti dikutip dari VIVAnews, Senin 9 Desember 2019.

Anggota mobil Mercedez Benz klasik itu menuturkan, sedan bekas milik Gus Dur ini hanya dipakai oleh pemilik pertamanya di sekitaran Jawa Timur saja. Mercedes-Benz W116 tipe 450 SEL V8 statusnya adalah kendaraan pribadi.

Pejabat RI Terkaya Versi LHKPN Koleksi Mobil Mewahnya Bikin Ngiler, Rolls-Royce hingga Bentley

"Jadi bukan mobil dinas tapi mobil pribadi Gus Dur. Biasa dipakai kalau Gus Dur pulang ke pesantren (Ponpes Tebu Ireng)," papar Levi.

Sedan klasik dengan bodi warna hitam tersebut, kata Levi, ditebusnya dengan dana Rp300 juta. Saat itu, kondisi mesinnya harus dibenahi karena sering mati saat dijalankan di putaran mesin rendah.
 
Kini, mobil sudah sehat dan dipertahankan originalitasnya. Bahkan, Levi sempat membawanya untuk dipajang di acara Jambore Nasional Mercedez Benz ke-14 yang digelar di Candi Prambanan, akhir pekan lalu.

"Selama memiliki mobil ini dan beberapa kali mengendarainya, saya selalu merasa nyaman, seneng dan tenang saja. Tak ada pengalaman aneh aneh dengan mobil ini," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya