Ikut Jejak Toyota dan Daihatsu, Isuzu Ekspor Mobil ke Filipina

Ekspor Isuzu Traga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Kualitas mobil yang diproduksi lokal, ternyata sudah bisa bersaing di pasar otomotif global. Buktinya, pengiriman kendaraan bermotor ke luar negeri atau ekspor terus meningkat.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

Tak hanya kendaraan penumpang, mobil niaga buatan dalam negeri juga mulai diekspor. Salah satunya dilakukan oleh merek Isuzu, yang mulai melakukan ekspor perdana mobil niaga bernama Traga.

Mobil niaga ringan tersebut baru diluncurkan di Tanah Air pada 2018. Traga merupakan produk lokal, yang lahir dari pabrik Isuzu di kawasan Suryacipta City of Industry Karawang, Jawa Barat.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Seremoni ekspor perdana kendaraan niaga ringan Isuzu itu, dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Isuzu Astra Motor Indonesia yang melakukan ekspor unit kendaraan Traga.

"Ekspor ini sesuai dengan fokus kerja yang harus dilakukan, yakni  bagaimana mengurangi impor, dan terus menambah ekspor. Hari ini saya putuskan hadir karena ada ekspor perdana Traga hari ini," ujar Jokowi di Karawang, Kamis 12 Desember 2019

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Sementara itu, Presiden Direktur PT Astra International, Prijono Sugondo mengatakan, mobil Traga akan diekspor menuju negara Filipina, dengan jumlah 120 unit untuk tahap pengiriman perdana.

"Traga itu merupakan kendaraan Isuzu yang namanya berasal dari singkatan Ekstra Lega. Mungkin kedengaranya dari bahasa apa, tapi itu singkatan," tuturnya.

Ekspor mobil niaga buatan Karawang itu, kata dia, nantinya bisa mencapai enam ribu unit setiap tahunnya. Tak hanya Filipina, IAMI juga menargetkan banyak negara sebagai tujuan ekspornya.

"Kami, merek Isuzu untuk pertama kalinya bisa ekspor. Biasanya kan merek Toyota, Daihatsu, ini Isuzu pertama kalinya. Mudah-mudahan saja dalam waktu bisa dekat bisa terus bertambah," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya