Baru 1 Tahun, Harga Mobil Bekas Ini Turun 45 Persen

Datsun Cross di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Pada awal 2018, Datsun Indonesia meluncurkan Datsun Cross. Berbeda dari mobil Datsun lainnya, Cross diposisikan bukan sebagai low cost green car atau LCGC.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Alasannya sederhana, Datsun tidak ingin dianggap hanya mampu memproduksi kendaraan dengan harga terjangkau saja. Mereka ingin membuktikan, bahwa produk Datsun juga bisa dihadirkan dengan kualitas yang lebih baik.

Desain Cross tidak jauh berbeda dari model GO dan GO+. Namun, tampilannya dibuat lebih sporty, ala crossover. Mobil ini tampak kekar, dan semakin gagah dengan penggunaan roof rail di bagian atap.

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Lampu depannya sudah dibekali dengan teknologi proyektor, sehingga tidak menyilaukan pengemudi lain namun tetap terang.

Datsun menyematkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.200cc pada Cross, sama seperti yang dipasang pada GO dan GO+. Transmisinya ada dua pilihan, manual dan otomatis continuously variable transmission atau CVT.

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Saat ini, Cross versi manual ditawarkan dengan banderol Rp161 jutaan, sedangkan Cross CVT Rp173 jutaan. Kedua harga berstatus on the road Jakarta.

Beberapa waktu lalu, beredar informasi bahwa Datsun akan menghentikan produksi mereka di Indonesia. Alasan utamanya, penjualan tidak seperti yang diharapkan.

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman jual beli mobil bekas, Kamis 12 Desember 2019, harga Datsun Cross dalam kondisi bekas pakai turun cukup banyak dari barunya.

Untuk model transmisi manual, beberapa penjual menawarkan Cross dengan banderol Rp104 juta hingga Rp108 juta. Artinya, ada penurunan sekitar 40-45 persen.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih beberapa waktu lalu menyatakan, ia memprediksi harga Datsun bakal turun banyak usai produsen tidak lagi beroperasi di Indonesia.

“Harga Datsun di pasar mobil bekas bisa saja 50 persen dari barunya,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya