Fantastisnya Harga Mobil Keren Jokowi untuk Meninjau Ibu Kota Baru

Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Presiden Jokowi
Sumber :
  • Instagram @fathra_m

VIVA – Dua hari lalu, Presiden Jokowi bertolak dari Jakarta menuju Kalimantan Timur. Kedatangannya ke Borneo adalah untuk meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan, yakni ruas tol Balikpapan-Samarinda.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Usai melakukan itu, Jokowi bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi Ibu Kota Negara di Kawasan Konsesi Hak Pengusahaan Hutan PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk bisa mencapai lokasi tersebut, ia menumpangi sport utility vehicle buatan Toyota, yakni Land Cruiser generasi terbaru. Mesinnya mengandalkan delapan silinder berkapasitas 4.700cc diesel, yang mampu menghasilkan tenaga 261 daya kuda dan torsi 637 Newton meter.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Meski dirancang sebagai mobil segala medan, namun interiornya dibuat dengan konsep mewah. Seluruh jok dilapisi bahan kulit mewah, dan tersedia sistem hiburan dengan 14 speaker merek JBL.

Baca Juga: Terbongkar Wujud Suzuki Baleno Baru

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek, menawarkan mobil yang diimpor dari luar negeri ini dengan banderol mulai dari Rp2 miliar untuk versi LC70, sementara LC200 tidak diketahui harganya.

Pada Oktober 2019, Kementerian Sekretariat Negara membeli satu unit mobil jenis SUV dengan kapasitas mesin 5.000cc. Nilainya mencapai Rp3,2 miliar, dan statusnya saat ini sudah selesai pengadaannya. Namun, tidak diketahui apakah itu mobil yang sama dengan yang dipakai oleh Jokowi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Land Cruiser dari Januari hingga Oktober 2019 sebanyak 356 unit. Versi yang paling banyak laku adalah LC200, yakni 312 unit. Sementara, varian LC70 hanya 44 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya