Pantas Jago Banjir, Ternyata Ini Asal Nama Isuzu

Angkot Isuzu Panther yang berhasil menerjang banjir
Sumber :
  • screenshot Instagram

VIVA – Banyak video yang berhasil direkam warga, saat banjir menerjang Jakarta dan sekitarnya pada Rabu 1 Januari 2020. Mulai dari beberapa kendaraan hanyut dibawa arus, hingga deretan mobil mewah terendam air kotor.

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden

Namun, video yang menjadi viral dalam waktu singkat adalah ketika sebuah angkutan perkotaan atau angkot, berhasil menerjang genangan yang cukup tinggi di Bekasi.

Angkot tersebut menggunakan Isuzu Panther sebagai basisnya. Tak heran, banyak yang penasaran mengapa mobil itu bisa melewati banjir tanpa mogok.

Bentrok Antar Kelompok Rontek, Mako Polda Lampung Ditembaki Orang Tak Dikenal

Teknisi dari Bengkel Surya Mas Diesel, Mohammad Sobirin mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat angkot bisa menembus air. Salah satunya, posisi saringan udara.

Baca Juga: Ganti STNK yang Kena Banjir Ternyata Mudah 

Tragis, Satu Rumah Hanyut Terbawa Banjir di Gorontalo Utara

"Saringan Panther itu ada di depan kap, posisinya di atas roda, tinggi," ujarnya kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Uniknya, ternyata nama Isuzu juga tidak jauh dari urusan air. Dilansir dari laman resminya, Senin 6 Januari 2020, Isuzu pertama kali berdiri pada 1916 di Jepang.

Kala itu, perusahaan bekerja sama dengan pabrikan mobil asal Inggris, Wolseley. Mobil pertama hasil produksi mereka, meluncur resmi pada 1922.

Pada 1934, perusahaan mengubah nama menjadi Isuzu. Nama tersebut diambil dari sungai yang mengalir di Prefektur Mie, Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya