Ada Kabar Baik soal Mobil yang Dipakai Jokowi di Calon Ibu Kota Baru

Toyota Land Cruiser yang ditumpangi Presiden Jokowi
Sumber :
  • Instagram @fathra_m

VIVA – Saat melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi sempat meninjau pembangunan Ibu Kota baru. Lokasinya ada di Kawasan Konsesi Hak Pengusahaan Hutan PT ITCI, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Jokowi kala itu menumpangi kendaraan dinas jenis sport utility vehicle. Mobil tersebut adalah Toyota Land Cruiser LC200.

Ketika kendaraan para menteri terjebak di jalanan licin, SUV gagah tersebut dapat terus melaju berkat penggerak empat rodanya. Mesinnya juga tak kalah gahar, delapan silinder berkapasitas 4.500cc dan dibekali turbocharger.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Tampilannya yang garang, sangat berbeda dengan interiornya. Toyota melengkapi LC200 generasi baru itu dengan jok kulit mewah, serta perangkat hiburan lengkap dengan 14 speaker JBL.

Baca Juga: Mercedes-Benz Bakal Keluarkan Banyak Mobil Baru

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Dikutip dari Paultan, Jumat 17 Januari 2020, Toyota dikabarkan sedang menyiapkan generasi baru kendaraan tangguh yang bisa melalui segala medan itu.

LC200 yang dijual saat ini, terakhir kali mendapat ubahan besar pada 2007. Artinya, sudah lebih dari 12 tahun tidak dilakukan pengembangan.

Hal pertama yang dilakukan, yakni mengganti platform lama dengan Toyota New Generation Architecture atau TNGA. Rancang bangun sebelumnya sudah dipakai di beberapa model, mulai dari C-HR hingga sedan Camry.

Toyota akan tetap memakai rangka ladder frame, yang sudah terbukti ampuh untuk medan lumpur dan tanah. Kabinnya akan dibuat dengan dua pilihan, kapasitas delapan penumpang atau lima penumpang.

Teknologi canggih yang tergabung ke dalam paket Toyota Safety Sense, juga bakal disematkan di LC200 generasi baru. Mulai dari pendeteksi pejalan kaki, hingga pencegah tabrakan.

Platform TNGA juga dipilih, agar mereka bisa memasang mesin Hybrid pada mobil bongsor tersebut. Dinamo listrik akan digabungkan dengan mesin baru enam silinder berkapasitas 3.500cc. Peluncuran diprediksi, akan dilakukan pada pertengahan tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya