Banderol Mobil Ini Turun, Harga Bekasnya Anjlok

Datsun Cross
Sumber :
  • VIVA/Toto Pribadi

VIVA – Tidak seperti hunian, harta berupa kendaraan setiap tahun nilainya semakin menyusut. Ada beberapa yang cukup beruntung, membeli model dengan nilai jual kembali tidak selisih banyak dari banderol barunya.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Tapi, ada juga mobil yang meski baru hadir selama 1-2 tahun di pasaran, namun harga bekasnya sudah turun jauh dari saat si pemilik membayar ke diler resmi.

Salah satu kendaraan yang harga jualnya dalam kondisi bekas pakai selisih jauh dari nilai baru, yakni Datsun Cross. Mobil ini pertama hadir pada awal 2018, dan ditawarkan dalam dua tipe.

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Tipe pertama yakni Cross dengan transmisi manual, yang kala itu harganya Rp163 juta dengan status on the road Jakarta. Lalu, tipe kedua dibekali teknologi Continuous Variable Transmission atau CVT, dan dijual dengan banderol Rp175 juta.

Baca Juga: Fitur Mirip Alphard, Mobil Bekas Ini Harganya Rp70 Juta

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Nyaman

Berdasarkan penelusuran VIVA di laman resmi Datsun Indonesia, Selasa 28 Januari 2020, harga Cross MT dalam kondisi baru saat ini Rp161,49 juta, turun sekitar Rp1,5 juta dari saat peluncuran perdana.

Begitu pula dengan tipe transmisi otomatis CVT, yang kini bisa dibeli dengan membayar sebesar Rp173,99 juta atau lebih murah Rp1 juta. Hal ini cukup aneh, karena biasanya banderol kendaraan naik setiap tahun.

Namun, jangan buru-buru senang melihat harga barunya turun. Di beberapa laman jual beli kendaraan bekas, ada beberapa Cross lansiran 2018 yang dijual kembali oleh sang pemilik.

Meski tidak menyebutkan alasan kenapa dijual, tapi harga yang diminta oleh empunya cukup menarik, yakni di kisaran Rp95 juta. Artinya, nilai Cross transmisi AT rakitan dua tahun lalu turun sebanyak 45 persen, atau sekitar Rp80 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya