Esemka Mulai Banyak Beredar di Jalanan

Daftar perusahaan komponen lokal Esemka
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya PT Solo Kreasi Manufaktur resmi meluncurkan produk perdana mereka, yakni mobil pikap Esemka Bima pada September 2019. Kendaraan yang masuk dalam segmen komersial itu, hadir dalam dua pilihan mesin.

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

Pembukaan selubung mobil dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Usai memberi kata sambutan, ia langsung menjajal kendaraan tersebut di area pabrik, yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Jokowi berkeliling naik Esemka didampingi oleh Menteri Perindustrian yang saat itu dijabat Airlangga Hartarto. Saat berbicara kepada awak media, ia menyatakan cukup puas dengan kualitas dari mobil yang dibuat secara lokal itu.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

“Saya lihat, harganya kompetitif. Saya tanya, harganya Rp95 juta off the road. Kalau feeling saya, bakal laku keras," tuturnya.

Baca Juga: Pemilik Mobil Panther Jadi Orang yang Spesial

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Tak lama usai peluncuran, TNI Angkatan Udara memesan Bima sebanyak 35 unit. Proses pembelian tidak langsung dilakukan oleh para penjaga kedaulatan di udara itu, melainkan melalui Induk Koperasi Angkatan Udara atau Inkopau.

Kini, jumlah pengguna  Bima semakin banyak. Berdasarkan penelusuran VIVA, Senin 3 Februari 2020, Pemerintah Kota Semarang menggunakannya untuk keperluan Sarana dan Prasarana. Jumlahnya sebanyak dua unit.

Tak hanya itu, Kementerian Pertahanan juga memborong beberapa unit Bima. Hal itu dilakukan pada Oktober 2019 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya