Meski Gak Produksi Mobil Lagi di RI, Datsun Masih Punya Satu Janji

Datsun GO di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Pasar otomotif Indonesia memang menjanjikan bagi semua produsen otomotif global, untuk memasarkan produknya di Tanah Air. Sayangnya, tak semua merek bertahan dalam persaingan yang cukup ketat dalam menggoda konsumen.

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Salah satu merek yang menyerah adalah Datsun. Produsen mobil di bawah naungan Nissan Motor itu menawarkan produk low cost green car GO dan GO+ Panca, serta produk city car Datsun Cross.

Semua mobil itu bahkan sempat diproduksi secara lokal di pabrik Nissan Motor Indonesia, di Jawa Barat. Namun kini, Datsun memutuskan untuk tidak lagi memproduksi di dalam negeri produk kendaraannya.

Datsun Bakal Dijadikan Mobil Listrik Murah oleh Nissan

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Ilmate) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, Datsun sudah memberhentikan produksi kendaraannya di pabrik yang ada di Indonesia.

Baca juga: Muncul Bocoran LCGC Baru Penantang Agya dan Ayla

Kaget Lihat Mobil Anggota DPR RI Cantik yang Minta Dikawal TNI

"Datsun itu sudah sangat jelas, bahwa mereka mengatakan akan berhenti produksinya. Sudah terkonfirmasi dari smua pihak, bahwa dia (Datsun) berhenti produksi," ujarnya di Jakarta, Selasa 4 Februari 2020.

Terkait penjualan mobil baru Datsun, Putu mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara pasti. Namun dia menyebut, fokus utamanya ada di merek Nissan, dan pabrik yang semula dipakai untuk memproduksi Datsun akan dipakai sebagai fasilitas tambahan, untuk memproduksi mesin Nissan Livina.

"Kalau jualan saya kurang tahu. Tetapi, Datsun menyatakan tanggung jawab aftersales tetap berjalan bagi pemilik mobilnya di sini," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya