Logo BBC

Nissan Tutup Sementara Pabrik di Jepang

Ilustrasi pabrik mobil - Getty Images
Ilustrasi pabrik mobil - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Nissan menyusul sebagai manufaktur mobil yang akan menutup sementara salah satu pabriknya akibat tidak dapat memperoleh suku cadang dari China.

Pihak perusahaan akan menghentikan produksi selama dua hari pada pabrik di Jepang yang membuat mobil model Serena dan X-Trail.

Berbagai perusahaan global mobil sedang mengalami gangguan serupa akibat sebagian besar dari sektor manufaktur China yang sedang mengalami masa isolasi, atau lock down, akibat wabah virus corona yang mematikan.

Pekan lalu, Hyundai menutup pabriknya di Korea Selatan untuk sementara akibat kekurangan suku cadang dari China.

Faktanya, banyak perusahan-perusahan manufaktur mobil terbesar di dunia berhadapan dengan masalah kekurangan persediaan akibat pabrik-pabrik di China yang tutup.

China merupakan pusat manufaktur dunia dan bagian utama rantai pasokan global untuk industri otomatif. Sebagian besar komponen utama dibuat di China. Hubei, provinsi tempat wabah virus corona pertama kali dimulai, merupakan pusat manufaktur mobil yang utama.

Pekan lalu, Fiat Chrysler juga mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghentikan produksi di salah satu pabriknya di Eropa karena kesulitan dalam mendapatkan suku cadang dari China. Perusahaan itu adalah salah satu perusahaan yang mengandalkan ekspor dari China.