Logo ABC

Denda Nyetir Sambil Main Ponsel Naik Jadi Rp10 Juta

Ilustrasi mengemudi sembari bermain ponsel.
Ilustrasi mengemudi sembari bermain ponsel.
Sumber :
  • abc

Polisi di berbagai negara bagian di Australia tampaknya semakin melihat, tindakan menyetir sambil menggunakan HP sebagai hal yang paling membahayakan, dan karenanya pelakunya dikenai denda besar.

DHukuman denda di Australia Barat sama tingginya dengan di Queensland. Hampir 12 ribu orang di Australia Barat didenda tahun lalu. Menteri Kepolisian Australia Barat mengatakan ini untuk mengubah budaya pengemudi

Pemerintah negara bagian Australia Barat di Perth mengumumkan, mereka yang kedapatan menggunakan ppnsel sambil menyetir akan dikenai denda AUD$ 1.000 (kurang lebih Rp10 juta).

Mulai 1 Juli 2020, mereka yang kedapatan menulis SMS, menulis email, menggunakan media sosial, menonton video atau menggunakan internet dikenai denda tersebut dan 4 pengurangan point di SIM yang dikenal dengan nama demerit points.

Denda baru ini naik lebih dari dua kali lipat dari sebelumnya yaitu $400 (Rp3,6 juta), dan Australia Barat memberlakukan denda termahal atas pelanggaran serupa, sama seperti yang diberlakukan di negara bagian Queensland.

Di negara bagian Queensland, denda untuk tindakan serupa juga dinaikkan tahun lalu dari sebelumnya $400 namun dengan pengurangan tiga angka.

Di Queensland, tindakan yang dilarang adalah memegang HP ketika berhenti di lampu merah, atau berbicara sambil memegang HP di dalam mobil sebagai pengendara.