Mobil Baru Datsun Masih Beredar di Diler, Berikut Daftar Harganya

Mobil Datsun
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Datsun mengurangi aktivitas dan strategi bisnisnya di industri otomotif Tanah Air. Sebelumnya merek Jepang itu memproduksi kendaraan di dalam negeri, namun awal tahun ini kegiatan tersebut ditiadakan.

Datsun Remuk Tertimpa Pohon Tumbang di Semarang, Sopir Terjepit

Informasi terkait rencana Datsun untuk menghentikan produksi mobil secara lokal, disampaikan langsung oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

Dia mengatakan, pihak Datsun Indonesia telah menghubunginya lewat telepon, dan memberikan kabar mengejutkan untuk menyudahi produksi dengan alasan penjualannya sangat sedikit, dan di bawah skala ekonomi untuk bergerak.

Datsun Bakal Dijadikan Mobil Listrik Murah oleh Nissan

"Datsun menyampaikan, akan melapor ke Kemenperin. Mereka sedang mencari waktu untuk melapor, karena kan kebetulan dirjen pada enggak ada di tempat. Sedang ikut Presiden kunjungan ke Korea Selatan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca juga: KPK Bakal Lelang Tiga Mobil Keren, Salah Satunya Merek Amerika

Kaget Lihat Mobil Anggota DPR RI Cantik yang Minta Dikawal TNI

Meski tidak lagi diproduksi, ternyata konsumen bisa tetap membeli mobil baru Datsun. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang tenaga penjual dari diler resmi Nissan-Datsun di Jakarta.

"Masih ada stok unit, hampir semua warna masih ada. Tetapi variannya harus cek dulu. Mobilnya produksi 2019 ya, bukan 2020," ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 17 Februari 2020.

Hal senada, diungkapkan oleh salah seorang tenaga penjual di Bekasi, Jawa Barat. Dia mengatakan, konsumen masih bisa memiliki layanan servis dan sukucadang mobil-mobil Datsun yang ada di Tanah Air.

"Unit yang lama masih ada, kami juga masih terima SPK untuk mobil Datsun karena parts dan layanan servisnya juga masih ada," ujar tenaga penjual yang tidak ingin disebut namanya.

Dari laman resmi Datsun Indonesia, diketahui ada tiga produk yang dipasarkan, yakni Cross yang berbanderol mulai Rp161,49 juta, GO Rp112,09-Rp160,49 juta dan GO+ dilabeli harga Rp120,27-Rp157,91 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya