Mobil Terjebak Banjir di Garasi, Penting untuk Lakukan Ini

Garasi rumah Edy Supono atau lebih dikenal sebagai Parto Patrio
Sumber :
  • screenshot Instagram Parto Patrio

VIVA – Banjir kembali menggenangi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Genangan bukan hanya terjadi di jalanan saja, tetapi ada yang sampai masuk ke dalam pemukiman warga. Hal ini tentu membuat cemas pemilik mobil, terutama jika kendaraannya masih berada di garasi.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, ebaiknya mobil dievakuasi ke tempat yang posisinya lebih tinggi, dan tidak tergenang air. Cara ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komponennya.

"Kalau sudah enggak sempat, langsung cabut terminal aki. Cara ini dilakukan untuk mencegah korsleting atau kerusakaan pada komponen electrical yang ada di kendaraan,"  ujarnya saat dihubungi VIVA, Selasa 25 Februari 2020.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Hal senada juga dikatakan, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi mengatakan, evakuasi kendaraan bukan hanya untuk menyelamatkan unit mobilnya saja, tetapi bisa untuk memindahkan anggota keluarga ke tempat yang lebih aman.

"Lihat dulu kondisi air di sekitar, kalau memungkinkan dipindahkan, bisa sekalian evakuasi anggota keluarga ke tempat lebih aman. Tetapi, jika enggak sempat, maka langsung cabut terminal aki," tuturnya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Jika mobil terjebak di garasi rumah, kata dia, selain mencabut terminal aki, hal lain yang harus diperhatikan adalah memastikan semua akses ke kabin tertutup rapat. Hal ini untuk meminimalisir jalur air untuk masuk dan menggenangi kabin.

"Pastiin enggak ada barang berharga di mobil. Kalau sudah cabut terminal aki, tutup rapat pintu dan jendela, termasuk kap mesin serta bagasi kalau mobilnya sedan," paparnya.

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024