Merek China Ada di Posisi Dua Mobil Keluarga Terlaris di RI

Modifikasi Wuling Cortez
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Saat memilih kendaraan, masyarakat Indonesia punya satu kriteria yang khas, yakni kabinnya harus multifungsi untuk mengangkut barang maupun penumpang dalam sekali perjalanan.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Keinginan konsumen di Tanah Air, dijawab oleh produsen otomotif dengan menawarkan produk multi purpose vehicle (MPV), atau masyarakat lebih akrab menyebutnya sebagai mobil keluarga.

Meski berasal dari merek yang berbeda, kendaraan jenis ini biasanya memiliki tiga baris bangku di dalam kabinnya. Mobil MPV kelas menengah, memiliki pilihan dengan pintu konvensional, maupun yang model geser (sliding door).

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Harganya produk MPV medium di pasar otomotif saat ini sangat beragam, biasanya mulai dari rentang Rp250 jutaan sampai dengan Rp492 jutaan berdasarkan harga on the road Jakarta.

Baca juga: Merek Mobil Terlaris di RI Awal 2020, Ini Daftarnya

Wuling Hadirkan DC Charging, Ngecas Cuma 30 Menit dan Gratis

Menilisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, ada enam produk yang saat ini dipasarkan. Berdasarkan data wholesales Januari 2020, Toyota Kijang Innova mendominasi penjualan dengan angka 4.010 unit. 

Posisi kedua segmen ini, ditempati oleh mobil merek Tiongkok Wuling. Produk mobil keluarga berbodi bongsor Cortez mencatat penjualan 131 unit. Kompetitor legendaris Kijang Innova, yakni Panther hanya mencatat pengiriman unit baru dari pabrik ke diler-diler resminya sebanyak 50 unit.

Mobil keluarga lainnya, yakni Nissan Serena laku 49 unit pada awal 2020, Toyota Sienta sebanyak 22 unit, dan Toyota Voxy 3 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya