Sopir Truk dan Bus Nakal Kini Tak Bisa Berkelit

Kecelakaan Truck di Jalur Busway
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Selain sepeda motor, truk juga menjadi penyumbang tingginya angka kecelakaan di Indonesia. Penyebabnya beragam, mulai dari kondisi kendaraan yang tidak prima hingga kelalaian sopir.

Sopir Bus MGI yang Cekcok di Tol Bocimi dan Ngaku Anak Tentara Dinonaktifkan

Meski bodinya berukuran besar, bukan tidak mungkin truk atau bus melakukan pelanggaran lalu lintas. Seperti menerobos lampu merah, hingga mengemudi dengan cara yang tidak aman.

Kecepatan tinggi dan gagalnya rem berfungsi, menjadi kombinasi yang paling sering terjadi. Sopir melajukan kendaraan dengan kencang, melebihi batas aman kecepatan.

Viral! Sopir Bus MGI Cekcok dengan Pengemudi Mobil di Tol Bocimi: Bapak Gua Tentara

Sayangnya, usai kejadian ada saja sopir yang tidak mau mengakui kesalahannya. Mereka justru menuding si pemilik kendaraan yang lalai melakukan perawatan berkala, sehingga rem menjadi blong.

Kini, hal itu bisa diminimalisir dengan alat khusus yang diberi nama dashboard camera. Salah satu penyedia dashcam, Blackvue menghadirkan DR900S-2CH IR di pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2020, yang sedang digelar di JCC Senayan, Jakarta.

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Direktur Pemasaran Blackvue, Rudy mengatakan, video rekaman bisa dijadikan bukti untuk menentukan siapa yang benar dan siapa yang salah.

Dashcam

“Penting memasang dashcam, untuk menghindari terjadinya bebat kusir atau intimidasi oleh orang yang sudah terbiasa berdebat,” ujarnya di lokasi, Jumat 6 Maret 2020.

Berbeda dengan produk lainnya, DR900S-2CH IR dibekali dengan dua kamera. Satu menghadap ke depan untuk merekam kejadian di jalan, satu lagi memantau situasi di dalam kabin.

“Saat kecelakaan, mereka akan cek rekaman keduanya. Di depan terjadi apa, di dalam terjadi apa. Sehingga, mereka bisa analisa, kesalahannya ada di mana,” tuturnya.

Kamera depan memiliki kualitas rekaman 4K, yang bisa diperbesar empat kali dan memiliki fungsi HDR untuk memastikan kualitas rekaman tetap terjaga, walaupun terkena silau matahari.

“Ada infrared-nya juga. Jadi, sopir tetap terlihat meski gelap total. Harganya Rp7,7 juta,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya