Seberapa Penting Kendaraan Pakai Rem ABS?

Truk mengalami kecelakaan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA – Teknologi dirancang untuk memudahkan hidup manusia. Pada kendaraan, fitur canggih juga dipasang demi memberikan keamanan dan kenyamanan.

Komparasi Honda Stylo 160 CBS dan ABS

Salah satu contohnya, sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS. Fitur ini berfungsi untuk mencegah terkuncinya roda akibat ban kehilangan traksi di aspal. Dengan adanya ABS, maka jarak pengereman kendaraan bisa lebih pendek, sehingga tidak menabrak kendaraan yang ada di depan.

Namun, penerapan ABS pada mobil dan motor yang diproduksi di dalam negeri masih terbilang sedikit jumlahnya. Rata-rata, ABS yang ditawarkan produsen sifatnya opsional. Padahal, negara-negara tetangga sudah mewajibkan tiap mobil baru yang diproduksi mengadopsi teknologi tersebut.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru

"Itu tergantung pemerintahnya, karena itu urusan mereka. Apakah ini suatu yang penting untuk dimiliki atau belum," kata Corporate Communication, Brand Management and Sustainability Bosch, Dewinta Hutagaol, saat berbincang dengan VIVA beberapa waktu lalu.

Setiap kali sebuah mobil diuji tabrak, ketersediaan ABS mempengaruhi nilai dari kendaraan tersebut. Tanpa adanya fitur itu, maka bisa dipastikan skor yang didapat rendah.

Mau Beli Motor Bingung soal ABS dan CBS, Ini Perbedaannya

Meski banyak konsumen di Indonesia yang tidak mempedulikan soal ABS, namun beberapa produsen kendaraan sudah mulai gencar menawarkan fitur itu pada produk mereka.

Tak hanya di mobil dan sepeda motor, ABS juga sangat penting untuk dimiliki oleh truk. Beratnya beban yang dibawa, sering membuat ban menjadi selip ketika dilakukan pengereman mendadak. Salah satu truk yang sudah dilengkapi dengan fitur ABS, yakni UD Trucks Quester GKE 280.

“ABS berfungsi untuk memastikan stabilitas dan keamanan. Selain itu, unit sudah siap dengan biodiesel B30 dan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien,” tutur Dirut PT Trans Migasindo, Juan Tarigan di pameran GIICOMVEC 2020, Jakarta Jumat 6 Maret 2020.

Penyerahan unit UD Trucks Quester GKE 280 ABS

Trans Migasindo yang bergerak di bidang transportasi distribusi Liquefied Petrolium Gas (LPG) serta Bahan Bakar Minyak (BBM), baru saja membeli 64 unit Quester GKE 280. Penyerahan unit secara simbolis dilakukan di pameran kendaraan komersial itu.

“Sesuai dengan tema pameran, yaitu Indonesia menuju Nol Kematian pada transportasi darat, Quester GKE 280 ABS dilengkapi sistem pengereman yang lebih aman, sebagai standar untuk angkutan tangki BBM dan LPG,” jelas Presiden Direktur UD Astra Motor Indonesia, Valerie Muyard.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya