Colok ke Rumah, DFSK Gelora E Butuh Listrik Berapa Watt?

Kendaraan komersial bertenaga listrik DFSK Gelora
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Ada yang berbeda dari pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2020, yang digelar akhir pekan kemarin. Beberapa produsen memamerkan produk, yang ditenagai oleh energi listrik.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Salah satunya DFSK, produsen kendaraan asal China yang memiliki pabrik perakitan di Cikande, Serang, Banten. Mereka memajang kendaraan niaga baru, yang diberi nama Gelora. Mobil yang disebut-sebut sebagai kompetitor Daihatsu Gran Max itu, juga tersedia dalam varian mesin bensin.

"Kami perkenalkan Gelora untuk masyarakat di Indonesia. Saat ini, DFSK Gelora masih berstatus impor utuh,” ujar Chief Executive Officer PT Sokonindo Automobile sebagai pemegang merek, Alexander Barus kala itu.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Tipe Gelora E menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor bertenaga maksimal 60 kilo Watt hours, dan torsi maksimal mencapai 200 Newton meter. Sumber tenaganya berasal dari baterai berkapasitas 42 kWh, dengan jarak tempuh maksimal 300 kilometer.

Jika menggunakan fast charging, maka daya baterai dari 20 persen ke 80 persen bisa didapat dalam waktu 80 menit saja. Apabila ingin menggunakan listrik rumah, maka dibutuhkan aliran 220 Volt dengan arus sebesar 16 Ampere, atau kira-kira 3.500 Watt.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Salah satu pemilik sport utility vehicle DFSK Glory 560, Herman mengatakan, ia tertarik dengan Gelora karena kapasitas angkutnya yang besar. Sebab, panjang kabinnya 2,63 meter, sehingga volume angkutanya bisa mencapai 4,8 meter kubik.

“Saya menggunakan DFSK Glory 560. Harapan saya, mudah-mudahan minibus Gelora sama kualitasnya. Mobil operasional yang lama sudah berusia 10 tahun. Setelah saya lihat, mobil ini bisa muat sampai 11 orang,” ujarnya di Jakarta, Selasa 10 Maret 2020.

Sebagai informasi, Gelora hadir dalam dua desain, yakni minibus dan blind van. Kendaraan ini dirancang untuk memaksimalkan berbagai kebutuhan komersial kendaraan, mulai dari transportasi, logistik hingga kuliner. Tersedia garansi tiga tahun atau jarak 120 ribu km, maka yang tercapai lebih dulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya