Rental Mobil Lupakan Hal Ini Bisa Cepat Bangkrut

Rental mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Perkembangan bisnis rental mobil cukup pesat. Jika diamati, ada saja jasa rental mobil baru yang dibuka di daerah tempat tinggal Anda.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Rental mobil termasuk bisnis rumahan, namun profitnya tidak murahan. Dalam satu bulan, misalnya, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah.

Sama seperti bisnis pada umumnya, Anda perlu memperhitungkan risiko yang mungkin timbul dari bisnis rental mobil. Tapi, asuransi mobil hadir sebagai solusi dengan manfaat dan penawaran yang beragam.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ada beberapa alasan kenapa asuransi sangat dibutuhkan untuk bisnis rental mobil Anda. Berikut tujuh alasan kenapa bisnis rental mobil Anda perlu asuransi seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu 11 Maret 2020.

1. Aman dan hemat karena bayar premi lebih kecil

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sesekali coba hitung premi yang sudah dibayarkan, lalu bandingkan dengan uang pertanggungan yang selama ini sudah diterima. Tentunya pengeluaran untuk membayar premi lebih kecil daripada biaya untuk memperbaiki mobil.

Inilah alasan yang patut diperhatikan kenapa asuransi mobil sangat penting. Apalagi untuk bisnis rental mobil yang jumlah mobilnya lumayan banyak.

Sebagian kecil dari keuntungan yang diperoleh dari bisnis rental sebaiknya dialokasikan untuk membayar biaya asuransi mobil. Hal ini jauh lebih menguntungkan daripada harus menanggung biaya kerusakan yang menimpa mobil Anda sewaktu-waktu.

Baca juga: Toyota Bakal Hancurkan Puluhan Mobil dalam Kondisi Baru, Kenapa?

2. Mengantisipasi penyewa mobil yang ‘nakal’

Namanya juga manusia, pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda. Sama halnya seperti orang yang akan menyewa mobil, ada yang mengemudi secara santai dan ada pula yang suka kebut-kebutan.

Guna mengantisipasi kerusakan akibat teknik mengemudi yang kurang tepat, maka diperlukan asuransi mobil. Dalam praktiknya, Anda pasti akan menyaring nama-nama penyewa sebelum kunci mobil jatuh ke tangan penyewa.

Namun, ada saja penyewa yang tidak bisa dikontrol. Daripada mobil Anda rusak akibat ulah penyewa yang tidak bertanggung jawab, lebih baik amankan mobil menggunakan asuransi.

3. Bisa mengurangi pengeluaran akibat kerusakan

Mobil rusak sering kali menjadi beban pikiran bagi si pemilik. Bagaimana tidak, biaya reparasinya saja tak bisa dibilang murah. Untung saja perusahaan asuransi mobil siap menanggung sebagian biaya yang Anda keluarkan selama proses perbaikan.

Tidak hanya itu, asuransi juga siap mencarikan mobil pengganti selama mobil Anda diperbaiki. Walaupun fasilitas ini tidak gratis, tapi sangat membantu untuk menunjang berjalannya bisnis rental mobil Anda.

Penggantian biaya perbaikan akan diberikan setelah Anda mengajukan klaim kepada perusahaan. Agar klaim semakin mudah, lengkapi dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan.

4. Lebih mudah karena banyak ada pilihan bengkel yang beragam

Saat ini Anda tidak perlu memperbaiki mobil di satu bengkel saja, karena Anda bisa berganti-ganti bengkel di mana pun Anda mau. Tapi dengan syarat, bengkel tersebut merupakan rekan perusahaan asuransi.

Menariknya lagi, Anda bisa memperbaiki mobil di luar kota apabila bengkel rekanan asuransi tersedia di kota tersebut. Biaya perbaikan yang ditawarkan di setiap bengkel pasti berbeda-beda.

Tapi, pilihlah satu bengkel yang memiliki kisaran harga relatif murah, tapi menawarkan perbaikan yang berkualitas untuk mobil-mobil kesayangan Anda.

5. Bisa sebagai investasi dalam jangka panjang

Kejadian mobil rusak tidak hanya sekali atau dua kali saja, tapi bisa saja berkali-kali. Dalam setahun, misalnya, mobil Anda harus dicat 2-3 kali karena timbulnya baret yang kurang sedap dipandang mata.

Coba hitung jika asuransi mobil tidak ada, Anda harus mengeluarkan uang belasan juta rupiah dalam satu tahun hanya untuk menghilangkan baret. Belum lagi ditambah biaya untuk mesin mobil yang sering rewel.

Asuransi mobil tersedia dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, dan 15 tahun. Coba prediksi sampai kapan bisnis rental mobil akan bertahan, sehingga jangka waktu asuransi mobil tidak salah pilih.

6. Antisipasi terhadap peristiwa yang tak terduga

Risiko lain yang sering dihadapi pebisnis rental mobil adalah peristiwa tak terduga, seperti bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Total kerugian yang ditanggung tentunya tidak sedikit.

Tapi, uang pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi sangat membantu untuk meringankan kerugian yang dialami pebisnis. Jadi wajar saja jika pebisnis semakin mempertimbangkan asuransi saat menjalankan bisnis rental mobil.

Kapan pun dan di mana pun bencana terjadi, setidaknya ada pihak yang akan menanggung sebagian kerugian yang Anda rasakan.

7. Pelayanan yang profesional

Setiap bengkel mempunyai pelayanan yang berbeda-beda, tergantung pengelolaan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Pilih satu perusahaan yang menurut Anda memiliki pelayanan terbaik, sehingga keluhan-keluhan pada mobil bisa segera diatasi.

Pelayanan yang baik bisa dinilai dari kinerja bengkel, kecepatan respons, hingga fasilitas yang ditawarkan sehingga pelanggan setia dan betah menunggu perbaikan mobil dari awal sampai selesai. Intinya adalah perusahaan asuransi mengedepankan profesionalitas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya