Heboh, Banyak Warga Inggris Pasang Jaring Besi di Kolong Mobil

Jaring besi di kolong mobil.
Sumber :
  • @Kevin dunnett/Triangle news

VIVA – Para pemilik mobil belakangan ini heboh memasang pagar berbentuk jaring besi menutupi jalur pipa knalpot di kolong mobilnya. Hal itu dilakukan karena di sejumlah kota di Inggris pencurian konverter katalitik knalpot terus mengalami peningkatan, bahkan hingga 1.700 persen selama 2019. 

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Seperti diketahui, konverter kataslitik knalpot yang berbentuk seperti tabung itu, berfungsi membersihkan gas buang dari mesin sebelum dikeluarkan melalui pipa knalpot. 

Dilansir dari Dailymail, Rabu 11 Maret 2020, pencuri diketahui semakin mentargetkan komponen tersebut, karena nilainya yang menggiurkan. Sebab, ada campuran paladium dan rodium dalam material alat itu yang harganya tinggi saat ini.  

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Baca juga: Gaji Pokok Karyawan Toyota Terancam Tak Naik Tahun Ini?

Logam-logam ini pun diketahui digunakan untuk bahan baku busi pesawat dan cawan lebur di laboratorium. Harganya untuk paladium mencapai 1.300 pounsterling per ons dan rodium 4.00 pounsterling per ons. 

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Di London pada 2019, terjadi sekitar 2.894 pencurian konverter katalitik knalpot mobil. Naik dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1.674 kejadian. 

Kasus terparah terjadi di Nottinghamshire. Pada 2018 hanya ada 9 kasus kejahatan tersebut. Namun pada 2019 naik menjadi 163 kejadian, artinya kenaikannya mencapai 1.711 persen. 

Mekanik bengkel Mr Car Max di Harrow, Middlesex, Manjula Jayamaha mengatakan, dalam delapan bulan terakhir, pria 39 tahun ini telah memasang sekitar 40 pagar jaring jalur knalpot tersebut. 

"Pemasangannya sekitar dua jam, ini hanya sebuah ide yang saya buat," ujarnya. 

Sementara itu menurut para ahli otomotif di Inggris, peningkatan pencurian katalis itu terjadi seiring dengan meningkatnya popularitas mobil hybird. Sehingga menghasilkan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya