Penyelenggara Putuskan Tunda Pameran IIMS 2020 di Jakarta dan Makassar

Booth Toyota di IIMS 2019.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) telah menetapkan status Pandemi untuk Virus COVID-19, atau lebih dikenal dengan nama Corona. Dengan status Pandemi, artinya wilayah penyebarannya terjadi serempak, dan dalam wilayah yang luas.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Status ini pun membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan untuk mengurangi aktivitas di tempat keramaian, guna meminimalisir penularan virus yang ditemukan di Wuhan, China, sejak akhir tahun 2019. Saat ini, tercatat telah ada 134 jiwa positif terjangkit virus COVID-19 di Tanah Air.

Penyebaran virus ini ternyata memiliki dampak bagi sektor otomotif, yakni berupa penundaan jadwal pameran. Penundaan dilakukan oleh PT Dyandra Promosindo, sebagai penyelenggara Indonesia International Motor Show 2020. Mulanya, pameran bakal dihelat pada 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ini Alasan Mengapa Kasus Virus COVID-19 Melonjak Tinggi di Singapura Hingga 22 Ribu Kasus

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan, pihaknya telah dan terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders), serta pemegang otoritas dalam penyelenggaraan kegiatan pameran di tengah ancaman pandemik Covid-19 di Indonesia saat ini.

"Sehingga, bersama dengan pemerintah dan stakeholders lainnya, kami yakin penundaan adalah langkah terbaik dan bijak di saat sulit ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin 16 Maret 2020.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Tak hanya di Jakarta, rangkaian pameran otomotif tahunan IIMS regional di kota Makassar juga ditunda dengan pertimbangan serupa. Awalnya, kata pria yang akrab disapa Kohen itu, IIMS Makassar dijadwalkan berlangsung pada 15 sampai 19 April 2020, dengan lokasi di Celebes Convention Center (CCC), Makassar.

Penundaan tersebut, kata dia, menjadi langkah terbaik, sekaligus terberat yang harus diambil oleh penyelenggara. Meski demikian, Kohen mengatakan, faktor kesehatan dan keselamatan peserta pameran, pengunjung, teman-teman media, dan stakeholders selama pameran IIMS merupakan sesuatu yang tak bisa ditawar.

"Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang selalu mendukung penyelenggaraan IIMS,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya