Sopir Pikap Ini Beraksi bak di Film Fast and Furious

Pikap beraksi bak film Fast and Furious
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram

VIVA – Para penggemar dunia otomotif pasti sudah tidak asing dengan film Fast and Furious. Pertama kali hadir di 2001 dengan judul The Fast and The Furious, film ini sukses menginspirasi orang untuk melakukan modifikasi.

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Salah satu adegan yang terkenal dalam film tersebut, yakni saat Dominic Toretto yang diperankan Vin Diesel, mengemudikan Dodge Charger R/T lansiran 1970. Roda depan mobil dibuat terangkat, saat Dominic memacu mobil melawan Toyota Supra buatan 1994.

Hal itu memang bisa saja terjadi. Pada mobil-mobil yang memiliki torsi besar, seperti mobil drag race, roda depan bisa terangkat akibat dorongan yang begitu kuat saat start.

Viral Mobil Pikap Angkut Boks Diduga Berisi Mayat dari Kampus UNPRI, Polisi Merespons

Rupanya, adegan itu tidak hanya bisa bisa dilakukan menggunakan mobil bermesin besar saja. Kendaraan jenis pikap juga bisa terangkat roda depannya, seperti yang tampak dalam video di bawah ini.

Dilansir dari laman Instagram @ics_infocegatansolo, Kamis 26 Maret 2020, sebuah video yang diunggah memperlihatkan bagaimana roda depan pikap terangkat, saat melaju di jalan raya.

Intip Kecanggihan All-new Mitsubishi Triton di Japan Mobility Show 2023

Alasan roda depan susah menempel di aspal, karena muatan yang dibawa begitu berat dan panjang. Karena ada perpindahan titik pusat gravitasi ke arah belakang, maka dua ban di  bagian depan mudah terangkat.

Tentu saja, aksi ini sangat berbahaya. Sebab, roda depan berfungsi untuk mengendalikan arah dari kendaraan. Apabila ada yang menyeberang atau peristiwa lain yang terjadi mendadak, maka sopir tidak akan punya waktu untuk menghindar.

Melakukan pengereman juga percuma. Sebab, hanya ada dua ban yang bisa menghentikan laju kendaraan tersebut. Dua ban lagi baru berfungsi, ketika sudah kembali menjejak aspal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya