Pertama di Dunia, Hyundai Bakal Rilis Sistem Airbag di Plafon Mobil

Airbag di atap kaca pada mobil Hyundai.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Pabrikan suku cadang kendaraan Hyundai Mobis bakal meluncurkan sistem airbag yang terpasang plafon mobil.  Sistem airbag untuk melindungi leher dan kepala bagian atas pertama kali dibuat di Dunia. 

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, Jumat 27 Maret 2020, Anak usaha Hyundai Group itu mengatakan bahwa Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) telah mengetes sistem airbag di plafon mobil tersebut.

Hasilnya, penempatan airbag di plafon mobil bisa mencegah cidera parah di kepala dan leher, saat terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan. 

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Hyundai Mobis mengatakan, sistem airbag di plafon ini akan menyebar dari belakang hingga ke depan mobil dalam 0,08 detik saat terjadi kecelakaan. Efektivitas sistem ini pun telah dievaluasi oleh NHTSA. 

Baca juga: Mayoritas Leasing Tolak Driver Online Tunda Bayar Cicilan Kendaraan

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Sistem airbag ini pun mencegah penumpang mobil terlempar keluar saat kecelakaan, khususnya melalui atap. Fitur keselamatan baru pun membuat Hyundai Mobis mendapatkan perhatian pasar AS. 

Hyundai sendiri berencana memasarkan sistem airbag baru ini kepada pabrikan mobil globa di Amerika Utara, Eropa dan China. Fokus pemasaran mereka ke pabrikan merek-merek mobil premium dan model Sport Utility Vehicle (SUV) besar.

Sebagai informasi, Hyundai Mobis, yang mulai memproduksi airbag pada 2002, mengklaim, produknya lebih menarik bagi para pembuat mobil, sebab telah memiliki 24 paten dan telah menyelesaikan evaluasi tentang efektivitas serta daya tahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya