Logo WARTAEKONOMI

China Bakal Punya Puluhan Juta Unit Mobil Canggih

Mobil listrik BYD E6
Mobil listrik BYD E6
Sumber :
  • Insideevs

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Sejumlah negara sudah mulai memproduksi mobil listrik, salah satunya: China. Negara itu diproyeksi akan memiliki 64,8 juta kendaraan listrik pada 2030.

Karena itu, China Securities Journal memprediksi, permintaan terhadap kendaraan listrik di Negeri Tirai Bambu bakal meroket selama 5 tahun mendatang. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, China telah menyiapkan infrastruktur seperti stasiun pengisian baterai.

"Per Januari 2020, China telah mendirikan 531 ribu stasiun pengisi daya di area publik dan 712 ribu unit dikelola oleh swasta. Artinya, tiap 3,5 kendaraan listrik rata-rata punya satu fasilitas pengisian," lapor Xinhua, dikutip Selasa (31/3/2020).

Tak cuma itu, stasiun pengisi daya milik swasta lainnya diprediksi berjumlah 373 ribu. 156 ribu lokasi pengisi daya dan 12 ribu stasiun pengisi daya publik juga akan didirikan pada tahun ini.

Meski begitu, jumlah tempat pengisian daya mobil listrik di China masih terbilang sedikit. Sebab, jika prediksi jumlah kendaraan listrik di China pada 2030 benar, negara itu setidaknya memerlukan 63 juta lokasi pengisi daya lagi.

Lebih lanjut, kebutuhan itu bisa dipenuhi jika ada modal yang cukup. Investasi di sektor kendaraan listrik China sendiri diproyeksikan bakal meningkat.