Jualan Mobil Loyo Gara-gara Virus Corona, Ini yang Dilakukan Diler

Diler Mitsubishi Arista Sukses Mandiri Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun ini diperkirakan tak semulus tahun lalu, dan masa-masa sebelumnya. Hal ini, disebabkan adanya penyebaran virus Corona tipe baru di berbagai wilayah di dalam negeri.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kondisi ini, dikonfirmasi langsung oleh Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto. Dia memprediksi, angka penjualan mobil baru tahun ini akan turun cukup banyak, jika dibandingkan sebelumnya.

"Proyeksi dari 1,1 juta unit, menjadi 600 ribu unit. Semua mengalami penurunan, baik passenger maupun commercial car sepanjang tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan sudah kembali normal," paparnya beberapa waktu lalu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Meski dipastikan turun, diler resmi sebagai tonggak utama penjualan mobil dari merek-merek otomotif di Tanah Air, tetap berupaya menawarkan kendaraan-kendaraan baru kepada pelanggan, yang berencana membeli mobil tahun ini.

Baca juga: BMW Motorrad Luncurkan 'Obat Ganteng' di RI, Harganya Rp700 Jutaan

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Kami sebagai diler tentunya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meningkatkan penjualan mobil. Salah satunya dengan meluncurkan layanan online arista-grup.co.id di tengah pandemi COVID-19," ujar Ali Hanafiah, Co Founder & Director Of arista-group dealer, saat konfrensi video.

Layanan online tersebut, kata Ali, bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam pembelian mobil dan sepeda motor baru, kendaraan niaga, mobil bekas, trade-in, dan layanan diler otomotif lainnya tanpa harus keluar dari rumah.

Lantas, apa bedanya layanan online dari diler secara langsung dengan fitur pembelian digital yang kini juga dimiliki oleh agen pemegang merek (APM)? Ali mengatakan, pembelian kendaraan baru dengan sistem online di diler resmi akan lebih cepat diproses.

"Kalau yang APM punya, biasa harus ditindaklanjut melalui diler yang ada di sekitar lokasi pelanggan. Kami sendiri sering mendapat database calon pembeli dari APM, lalu kami tindaklanjuti. Tetapi melalui layanan online kami, bahkan konsumen bisa live chat," tuturnya.

Diketahui Arista menjadi grup diler yang menawarkan berbagai merek otomotif di Tanah Air, yakni Honda, Suzuki, Mitsubishi, Hino, Wuling, hingga mobil premium Mercedes Benz. Untuk sepeda motor, Arista menawarkan layanan penjualan, sukucadang, dan servis untuk merek Yamaha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya