Logo WARTAEKONOMI

Gilanya Koleksi Mobil Kim Jong-un

Kim Jong-un. (FOTO: Reuters/KCNA)
Kim Jong-un. (FOTO: Reuters/KCNA)
Sumber :
  • wartaekonomi

Beberapa waktu belakangan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un diisukan meninggal hingga menjadi trending topik dunia. Pemimpin yang dikenal diktator dan kejam ini rupanya juga dikenal sebagai pemimpin yang kaya raya.

Namun, dari manakah sumber kekayaan ini?

Kim Jong-un diketahui telah memimpin Korea Utara sejak 2011 silam menggantikan ayahnya Kim Jong-il. Melansir Dailystar di Jakarta, Kamis (30/4/2020), kekayaan bersih Kim Jong Un diperkirakan mencapai 5 miliar dolar AS (Rp74 triliun) menurut Celebrity Net Worth.

Angka ini dibuat usai penyelidikan bersama Korea Selatan dan Amerika berdasarkan rekening dan aset yang disebut dikendalikan Kim bersama keluarganya.

Konon, uang itu tersebar di 200 rekening bank asing di seluruh dunia. Namun, angka-angka berdasarkan statistik PBB laporan pengeluarannya pada 2018, diperkirakan bernilai Rp98-112 triliun.

Meski demikian, harta tersebut masih dipertanyakan lantaran Kim Jong-un belum pernah terdengar memiliki usaha. Dan ternyata, menurut laporan mata-mata, Korea Utara dituduh membiayai hidup mewah Kim melalui operasi ilegal.