5 Fakta Unik Supercar McLaren MP4-12C

McLaren MP4-12C
Sumber :
  • www.telegraph.co.uk

VIVA – Sebuah supercar McLaren MP4-12C mengalami naas saat melintas di Tol Jagorawi, tepatnya KM 43 arah Jakarta. Pengemudi kehilangan kendali, mengakibatkan roda selip sehingga kendaraan keluar jalur dan menabrak pohon palem.

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak

Dua kali mobil tersebut menghantam pohon, sebelum akhirnya berhenti dalam kondisi rusak parah. Satu-satunya yang terlihat utuh, yakni ruang pengemudi, yang memang dirancang khusus agar bisa menyelamatkan penumpang saat terjadi kecelakaan.

Pintu kanan mobil berkelir oranye itu terlepas, dan bagian bodi tengah ke belakangnya hancur. Tak hanya itu, bagian bumper depan juga sudah tidak dalam kondisi yang normal.

Volume Kendaraan Meningkat, Akses Keluar Tol Jagorawi Arah Puncak Bogor Ditutup Sementara

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota, Kompol Fajar Hari Kuntjoro mengatakan, kecelakaan dilaporkan terjadi pada Minggu 3 Mei 2020, pukul 10.50 WIB. "Luka ringan dua orang, pengemudi dengan penumpang," ujarnya.

Baca juga: Rute Ini Jadi Favorit Warga yang Nekat Mudik

Macet Buntut Mudik Lokal dan Tempat Wisata, Contraflow Diberlakukan ke Arah Ciawi

Berdasarkan penelusuran VIVA, dikutip dari berbagai sumber, Senin 4 Mei 2020, MP4-12C memiliki beberapa keunikan. Berikut daftarnya:

1. Mobil pertama yang dirancang dan dibuat sepenuhnya

Mobil ini biasa disebut McLaren 12C, dan pertama kali dipamerkan pada 2009. Ini adalah kendaraan pertama mereka, yang dirancang dan dibuat sepenuhnya oleh perusahaan asal Inggris tersebut.

2. Ada peran Ferrari 360 Modena

Ferrari 360 Modena

Saat memulai rancangan 12C, McLaren secara diam-diam membeli Ferrari 360 Modena sebagai unit untuk uji coba mesin dan peranti lainnya. Diberi kode MV1, kendaraan itu digunakan untuk mengetes mesin 8 silinder berkapasitas 3.800cc dengan 2 turbocharger.

3. Inaugurasi? oleh perdana menteri

McLaren pertama kali resmi memproduksi dan menjual mobil ini ke masyarakat umum, yakni pada 2011. Perdana Menteri Inggris kala itu, David Cameron yang diberi kesempatan untuk melakukan inaugurasi.

4. Dimodifikasi oleh Gemballa

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa Jerman memiliki satu rumah modifikasi bernama Gemballa. Perusahaan ini mengoprek 12C, agar performanya lebih kencang.

5. Pajaknya Rp90 juta

Ada beberapa orang kaya di Indonesia, yang memiliki McLaren MP4-12C. Satu unit mobil ini memiliki nilai jual kendaraan bermotor sebesar Rp4,41 miliar. Pajak yang harus dibayar pemilik per tahun, mencapai Rp90 juta.

McLaren MP4-12C

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya