Terungkap Trik Ferdian Paleka Berkendara Saat Buron Pada Masa PSBB

Ferdian Paleka
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Pelarian Youtuber Ferdian Paleka sebagai buruan polisi berakhir beberapa waktu lalu setelah tertangkap di Jalan Tol Jakarta-Merak. Sebelum terciduk, Ferdian diketahui sempat bebas berkendara di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat.

Impresi Singkat Chery Tiggo 5X, SUV Baru Harga Rp200 Jutaan

Padahal diketahui, kawasan tersebut sedang ketat-ketatnya memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Polisi pun mengungkapkan bagaimana trik pria 21 tahun itu bisa mengelabui para petugas di area PSBB.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Saptono Erlangga mengatakan, Ferdian memanfaatkan situasi kosong lantaran petugas yang berjaga sedang melakukan santap sahur atau pun berbuka.  

Lampu Kota Mobil: Kecil Ukurannya tapi Punya Fungsi Sangat Penting

"Jadi tersangka memanfaatkan kelengahan petugas saat berbuka atau saat anggota sedang sahur. Tetapi bisa juga saat petugas ganti shift sehingga tersangka bisa menembus pemeriksaan," ujar Erlangga dikutip dari 100KPJ, Rabu 13 Mei 2020.

Dia mengakui, meski kawasan Pelabuhan Merak sudah disiagakan untuk mengantisipasi mudik. Namun Ferdian mengambil kesempatan saat jeda di mana petugas tak bisa memantau situasi sekitar.

Viral Pengendara Motor Diseruduk Mobil karena Hal Ini

Baca juga: Begini Aksi Kejar-kejaran Polisi saat Tangkap Ferdian Paleka

"Ada waktu jeda pergantian jaga, di situ kemungkinan dia memanfaatkannya," terangnya.

Erlangga juga mengungkap rute jalan yang dilalui Ferdian selama mencoba kabur dari Kota Bandung menuju Palembang. Menurutnya, pria eksentrik itu melalui rute Bogor sebelum kemudian tertangkap di jalan tol menuju Merak.

"Dia ke Bogor dulu, baru ke Merak dan kemudian ke Palembang," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya