Gak Ada Tandingannya, Warga Papua Pakai Honda Brio untuk Jual Sayuran

Mobil LCGC Honda Brio untuk berdagang sayur
Sumber :
  • screenshot Twitter @jayapuraupdate

VIVA – Berada di ujung Timur Indonesia, tak membuat warga Papua kalah saing untuk mendapatkan produk-produk otomotif. Jenis mobil pikap kabin ganda, sport utility vehicle atau SUV, sampai yang berperawakan mungil sekelas low cost green car alias LCGC pun ada.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Mobil-mobil yang ada di sana dibawa dengan cara cukup ekstrem, yakni diangkut menggunakan helikopter, dari kota Jayapura menuju wilayah lainnya di Tanah Papua. Ongkos kirimnya pun bisa mencapai ratusan juta untuk sekali penerbangan.

Setelah tiba di lokasi, mobil pikap kabin ganda dan SUV misalnya, oleh warga di Bumi Cenderawasih kerap dijadikan sebagai angkutan umum, karena handal menerjang medan tanah maupun berlumpur. Beda halnya dengan warga di Jakarta yang menganggapnya sebagai kendaraan mewah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Tak hanya itu, Honda Brio di Papua juga menjadi kendaraan yang dipakai untuk berdagang sayuran dan kebutuhan dapur. Padahal, di kota-kota besar Tanah Air, mobil mungil itu biasa dipakai kaum urban untuk aktivitas harian, seperti ke Kantor, Kampus, atau sekadar ngopi bersama teman-teman.

Baca juga: Ingat-ingat Lagi, Kerusakan Ini Gak Bisa Dijamin Oleh Pabrikan Mobil

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Melansir dari 100KPJ, Rabu 13 Mei 2020, akun Twitter @jayapuraupdate memperlihatkan mobil LCGC itu diparkir di tepian jalan kecil. Lalu, di sebelah kiri dan kanannya ada ibu-ibu yang hendak membeli sayuran,  langsung menuju pintu kendaraan yang terbuka.

Gambar yang diunggah ke media sosial itu memperlihatkan, tumpukan sayur yang memenuhi kabin belakang hingga ke bagasi. Terlihat beragam jenis sayur, dan buah ditumpuk di bagasi. Bahkan, handle yang ada di plafon dimanfaatkan juga untuk menggantung barang dagangan.

Warga Papua belanja sayur di mobil Honda Brio

Saat menjajakan sayuran kepada warga, pengemudi mobil berwarna kuning itu membuka pintu kiri dan kanan serta bagasi. Dengan cara tersebut, para pembeli bisa dengan mudah memilih sayuran yang diinginkan untuk menjadi menu masakan.

Sekadar diketahui, Brio merupakan salah satu produk di segmen low cost green car yang ditawarkan oleh merek Honda, dan sudah dirakit secara lokal di Tanah Air. Mobil ini mengusung mesin bensin berkapasitas 1.200cc dengan pilihan transmisi manual maupun bensin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya