Ngeri, Mobil Listrik Tiba-tiba Terbakar Saat Dicas

Mobil listrik terbakar di China.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Keamanan mobil listrik kembali diuji. Kali ini sebuah multi purpose vehicle (MPV) berbahan bakar listrik terbakar saat sendang melakukan pengisian daya atau dicas. 

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Dilansir dari Insideevs, Senin 18 Mei 2020, peristiwa terbakarnya mobil listrik itu terjadi di Dongguan, China 8 Mei lalu. Sebuah video CCTV beredar di publik menunjukkan momen disaat MPV tersebut mulai terbakar hingga menghanguskan mobil listrik lainnya yang sedang mengecas di sebelahnya. 

Belum diketahui penyebab pasti dari kebakaran tersebut apakah terkait dengan pengisian daya atau sesuai lainnya. Namun, fakta yang terjadi mobil tersebut perlahan-lahan terbakar dan butuh waktu yang mala untuk sang pemilik atau orang di sekitarnya menyadari insiden tersebut. 

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Baca juga: Bebas dari Penjara, Intip Koleksi Mobil Habib Bahar

Dalam video tersebut terlihat, saat sedang melakukan pengisian daya, tiba-tiba keluar asap hitam dari kolong kendaraan tersebut. Tak lama kemudian, boom, baterai listrik meledak dan menghasilkan kobaran api yang terus membesar. 

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Sang jago merah pun akhirnya tak terbendung hingga melalap sebuah truk listrik dan sebuah sedan di sebelah nya. Berdasarkan laporan setempat, ada 5 mobil listrik yang jadi korban, 4 di antaranya rusak parah. 

Untuk memadamkan api tersebut, diketahui membutuhkan lebih dari 40 petugas dan 8 truk pemadam kebakaran. Penyebab kebakaran tersebut pun sedang diinvestigasi. 

Akibat kejadian tersebut, Pemerintah setempat menutup sebanyak 48 stasiun pengisian mobil listrik yang ada di daerah tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan semuanya beroperasi dengan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya