Innova Dimodifikasi untuk Bantu Basmi COVID-19

Kijang Innova yang disulap menjadi ambulans
Sumber :
  • dok. TAM

VIVA – Semua pihak saling tolong menolong, untuk membasmi virus COVID-19 yang merebak di Indonesia. Bantuan tidak hanya datang dari pemerintah, namun juga perusahaan swasta.

Bubarkan Tawuran, 2 Polisi di Padang Malah Ditabrak Ambulans yang Sopirnya Positif Sabu

Termasuk, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM). Produsen dan agen pemegang merek mobil Toyota di Tanah Air itu, menyumbangkan lima unit Kijang Innova untuk membantu membawa pasien, ke Kementerian Kesehatan dan Palang Merah Indonesia.

Baca juga: Warga Bodetabek Boleh Keluar Masuk Jakarta

Astra Tol Cipali Klarifikasi Soal 22 Ambulans Tangsel Diterjunkan Jemput Korban Kecelakaan

Uniknya, mobil tersebut sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan tim medis.  Innova versi ambulans ini dilengkapi tempat tidur pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di dalam kabin.

Peralatan standar lainnya juga tersedia, seperti alat pemadam api ringan, lampu untuk menangani pasien, serta lampu sorot di bagian belakang yang bisa dimanfaatkan saat menuju area gelap.

Resmikan Migran Press Room, Kepala BP2MI Sebut Bukan untuk Bungkam Media tapi Guna Bersinergi

Kabin Kijang Innova versi Ambulans

“Kami menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi ini sangat besar, dan Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda,” kata Presiden Direktur TAM, Susumu Matsuda melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 23 Mei 2020.

Selain 5 unit ambulans, Toyota Indonesia juga bekerja sama dengan PT Serasi Autoraya untuk menyediakan 68 unit mobil, yang dipakai menunjang mobilitas tenaga medis COVID-19 di 15 kota besar di Indonesia.

Kemudian, mereka juga menyalurkan 105 ribu Alat Pelindung Diri kepada PMI dan Kemenkes, yang terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask, Face Shield, serta vitamin.

Beberapa pemasok komponen Toyota saat ini, bekerja sama dengan pihak-pihak berkepentingan, terlibat dalam pengembangan berbagai APD, seperti medical google, flocked swab, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield.

Dokter Gigi Gunakan APD saat Praktek

Harapannya, keterlibatan pemasok lokal Toyota akan dapat mempercepat dan memperbanyak produksi APD di dalam negeri, sehingga dapat mendukung upaya melawan COVID-19 di Indonesia.

“Kami berharap, dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor, terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi COVID-19,” kata Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya