China Bikin Mobil Gagah Pesaing Land Cruiser

Haval B06
Sumber :
  • Rushlane

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa China semakin gencar mengembangkan industri otomotif mereka. Produk yang dihasilkan tidak kalah dengan Jepang dan Eropa, namun dijual dengan harga yang menggiurkan.

Raja Malaysia Jadi Pemilik Pertama Mobil Andalan Xi Jinping

Soal teknologi, mereka juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, banyak perusahaan ponsel yang mempercayakan produksinya pada negara tersebut.

Salah satu merek kendaraan China yang sedang berekspansi, yakni Great Wall Motor. Mereka memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu Haval, Wey, Ora dan Great Wall Pickup.

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Membawa bendera Haval, GWM berencana menghadirkan mobil jenis sport utility vehicle yang akan bersaing dengan kendaraan tangguh asal Jepang, Toyota Land Cruiser.

Baca Juga: Vespa Didiskon Puluhan Juta

Terpopuler Otomotif: Mobil China Raih Peringkat Tertinggi, Merek Vespa Bernilai Rp18 Triliun

Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Kamis 4 Juni 2020, bocoran SUV tersebut sudah beredar di dunia maya. Wujudnya mirip dengan Land Cruiser, mulai dari ukuran hingga bentuk bodi yang kekar.

Sejauh ini, belum ada nama resmi untuk model tersebut. Namun, kalangan media menyebutnya dengan kode B06, sesuai bocoran informasi yang beredar sebelumnya. Rencananya, mobil tersebut akan diproduksi di India, di pabrik yang sebelumnya digunakan oleh General Motors.

Tidak banyak yang diketahui soal mobil ini. Termasuk, apakah menggunakan rangka ladder frame yang ampuh untuk menembus medan berat atau monokok khas SUV zaman sekarang.

Keseriusan GWM terlihat, saat diketahui siapa yang merancang B06. Pria tersebut bernama Phil Simmons, yang saat ini menjabat sebagai Vice President and Global Design Director Haval.

Sebelumnya, ia bekerja di Land Rover dan terlibat dalam proses perancangan serta pembuatan model Evoque, Range Rover serta Velar.

Bocoran lain yang didapat, yakni mobil akan menggunakan mesin berkapasitas 2.000cc. Jauh lebih kecil dari Land Cruiser, yang mengusung mesin 4.400cc. Peluncuran B06 disebut-sebut akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya