Perancang Mesin Mobil Sport Porsche Tutup Usia

Hans Mezger.
Sumber :
  • Dokumentasi Porsche.

VIVA – Dunia otomotif berduka. Salah satu insinyur perancang mesin mobil sport Porsche, Hans Mezger, tutup usia. Dia meninggal di Jerman pada Rabu waktu setempat pada usia 90 tahun.

Klaim Asuransi Mobil Ini Cetak Rekor Terbesar dalam Sejarah

Dilansir dari situs resmi Porsche, Kamis 11 Juni 2020, Mezger diketahui lahir di sebuah desa kecil di dekat kampung halaman Porsche di Stuttgart pada 1929. Dia mulai bekerja untuk perusahaan itu pada 1956 setelah lulus dari tempat yang sekarang menjadi Universitas Stuttgart.

Mezger adalah bagian dari program pertama Porsche Formula Satu pada 1960. Dia pun diketahui adalah bagian dari tim pertama yang membuat mesin legendari Porsche 911. Kemudian di 1965 ia ditugaskan di desain mobil balap, di mana ia akhirnya ditugaskan untuk memenangkan Le Mans kala itu.

Mobil Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Porsche berutang kepadanya tidak hanya mesin boxer enam silinder berpendingin udara di 911. Tetapi juga keseluruhan konstruksi mesin 917 dan mesin dua belas silindernya serta penciptaan mesin TAG Turbo Formula One.

Baca juga: Pria Ini Bikin Solar Panel Berjalan Buat Ngecas Tesla, Begini Hasilnya

Fuji Beli Mobil Mewah Sampai Rp2,7 Miliar, Begini Respons Haji Faisal

Selama lebih dari tiga dekade, Hans Mezger diketahui bertanggung jawab atas mobil dan mesin balap Porsche yang paling sukses. Kepergiannya pun ditegaskan merupakan kehilangan besar bagi perusahaan.

“Duka kami bersama keluarganya, ”kata Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif, Penelitian dan Pengembangan Porsche.

“Kami berterima kasih kepada Hans Mezger atas prestasi tekniknya yang luar biasa. Yang telah ia lakukan untuk motorsport secara umum dan untuk Porsche pada khususnya. Inovasinya untuk mobil sport seri kami akan tetap tak terlupakan selamanya,” tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya