Kapal Kargo Buatan China Terbakar di AS, Ribuan Mobil Meleleh

Kapal kargo pengangkut mobil terbakar.
Sumber :
  • @JFRDJAX.

VIVA – Sebuah kapal kargo barang-barang otomotif bernama Höegh Xiamen terbakar pada Kamis 4 Juni lalu di pelabuhan Port of Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Seminggu kemudian, Api dari kapal yang mengangkut ribuan mobil bekas itu baru bisa dikendalikan. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Dilansir dari The Drive, Sabtu 13 Juni 2020, kebakaran itu awalnya muncul di dek ketujuh kapal tersebut. Api kala itu tak bisa dikendalikan hingga menyebar ke seluruh struktur kapal sebelum akhirnya meledak. 

Akibat insiden ini sedikitnya delapan petugas pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api tersebut. Meski sudah bisa dikendalikan pada Kamis 11 Juni 2020, ada sejumlah titik api yang masih menyala karena suhu panas yang dasyat yang ditimbulkan dari kebakaran itu. 

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Ada 2.000 mobil bekas di dalam kapal kargo tersebut. Penjga pantai AS mengatakan, mobil-mobil itu tak dapat diselamatkan karena meleleh akibat suhu panas kebakaran itu. Suhu panas di luar lambung kapal itu diketahui mencapai 176 derajat celcius, sementara suhu di dalamnya tembus 573 derajat celcius. 

Menurut pihak berwenang, suhu panas dengan intensitas itu tidak akan melelehkan struktur unibody atau kerangka baja mobil. Tapi, suhu itu cukup untuk melelehkan bagian aluminium atau panel body mobil.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Proses pemadaman yang baru selesai selama seminggu karena kru pemadam membiarkan api itu membakar seluruh bagian kapal. Sebab, risiko pemadaman yang dilakukan akan lebih besar jika suhu di sekitar lokasi sangat tinggi.

Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jacksonville pun menggunakan drone untuk menentukan titik terpanas di kapal itu. Drone itu dilengkapi oleh kamera termal untuk memastikan seprotan air mengarah dengan tepat.

Sebanyak 150 petugas pemadam kebakaran terlibat untuk memadamkan api tersebut. Tidak ada awak kapal yang terluka dalam insiden ini.

Kapal kargo Höegh Xiamen sendiri dibangun di China pada 2010 dan dimiliki dan dioperasikan oleh Höegh Autoliners, yang berkantor pusat di Norwegia. Perusahaan itu memang berbisnis pengangkutan mobil dan truk ke lusinan rute perdagangan di seluruh dunia.

Baca juga: Land Rover Discovery 4 Ari Lasso Ternyata Special

Menanggapi kebakaran tersebut juru bicara Höegh Autoliners menegaskan, terus berkoordinasi dengan otoritas terkait guna menangani insiden ini.

"Kami terus bekerja sama dengan semua pihak berwenang setempat dan organisasi tanggapan untuk melindungi lingkungan setempat,"tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya