Pakai Cara Ini, Nama Sirkuit Sentul Bisa Tambah Tenar

Ilustrasi balap mobil virtual
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Sirkuit Sentul dikenal sebagai salah satu lintasan balap mobil dan motor yang ada di Indonesia. Arena adu cepat kendaraan ini sempat populer beberapa tahun lalu, karena dijadikan sebagai lokasi pertandingan kelas dunia.

Punya Bos Baru, Honda Indonesia Targetkan Elektrifikasi Penuh 2040

Kini, acara yang digelar kebanyakan hanya berskala lokal. Namun, hal itu bisa berubah dengan adanya teknologi balap virtual. Seperti yang digunakan oleh PT Honda Prospect Motor, untuk mengadakan Honda Racing Simulator Championship.

Baca juga: Gaya Macho Daniel Adnan yang Resmi Menikahi Tara Basro

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Saat ini, pertandingan itu masih menggunakan beberapa sirkuit yang ada di negara lain, yakni Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zaandvoort, dan Estoril. Tapi, tidak menutup kemungkinan Sentul nantinya akan masuk dalam agenda mereka.

“Ini acara memang pertama kali, kami mau mencoba Civic Type-R. Karena sudah dikenal secara global, makanya lintasan yang kami pilih juga trek di luar negeri,” ujar Commumication Strategy Manager HPM, Ardhi Parama Sugarda saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 19 Juni 2020.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Honda Brio Speed Challenge

Hal yang sama juga berlaku untuk jenis kendaraan. Menurut Ardhi, proyek perdana ini fokus untuk melihat sejauh mana antusiasme masyarakat terhadap acara balap virtual. Jika memang banyak peminatnya, bisa saja nanti model kendaraan ditambah.

“Kami coba dulu dengan Type-R, kami mau lihat antusiasmenya. Enggak menutup kemungkinan, kalau ke depan bisa dimodifikasi dan dibangun dari nol, apakah Brio atau Honda Jazz,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan oleh penyelenggara acara HRSC, HM Engineering, Menurut pemilik perusahaan, Haris Muhammad, sangat dimungkinkan untuk menghadirkan mobil model lain, termasuk low cost green car.

“Sangat memungkinkan, kami bisa membuatnya. Karena, Honda Type-R ini kami bikin (simulator) mobil dari awal, khusus untuk acara ini,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya