Ditangkap KPK, Mobil Bupati Kutai Timur Cuma 1 tapi Spesial

Gedung KPK
Sumber :
  • vstory

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan pada Kamis malam kemarin. Sejumlah oknum, termasuk kepala daerah kabupaten di Kalimantan Timur turut diamankan.

KPK Tetapkan Pejabat BPPD Sidoarjo jadi Tersangka Sunat Insentif ASN Rp2,7 Miliar

“Benar, KPK melakukan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang diduga sebagai pelaku tindak pidana korupsi. Salah satunya adalah kepala daerah kabupaten di Kaltim,” ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Dari informasi yang diterima VIVA, sejumlah ruangan kantor Bupati Kutai Timur sudah disegel tim Satgas KPK. Kantor tersebut sehari-hari digunakan oleh Bupati Kutai Timur, Ismunandar untuk bekerja.

KPK Amankan ASN Sidoarjo Saat OTT Dugaan Korupsi Hari Ini, Siapa Dia?

Ismunandar adalah pria kelahiran Samarinda, Kaltim yang yang menjabat sebagai bupati pada periode 2016 hingga 2021. Sebelumnya, ia menduduki posisi sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur.

Tidak banyak informasi mengenai Ismunandar. Dari penelusuran VIVA Otomotif di laman 100kpj, Jumat 3 Juli 2020, ia diketahui memiliki harta sebanyak Rp3,1 miliar.

KPK Terima 5.079 Laporan Terkait Korupsi di 2023, OTT Sebanyak 8 Kali

Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah dalam bentuk tanah dan bangunan. Ismunandar memiliki delapan tanah seluas lebih dari 8 hektare di Kutai Timur. Ia juga punya enam tanah di Samarinda, dengan total luas lebih dari 2 hektare.

Sementara itu, harta bergerak yang dilaporkan Ismunandar ke KPK pada 17 Maret 2020 hanya ada satu unit mobil, yakni Suzuki Escudo lansiran 1997.

Escudo adalah mobil jenis jip, yang populer di era 1990-an. Suzuki Indonesia menghadirkan beberapa varian, mulai dari Vitara, Escudo hingga Sidekick. Ketiganya menggunakan bodi yang sama, namun beda dalam hal kelengkapan.

Contohnya, Vitara adalah jip yang dibekali penggerak 4 roda. Mobil ini termasuk jip yang cukup mewah di zamanya, karena sudah dibekali dengan power steering, power window dan pengatur spion elektrik. Sementara, Escudo berbeda dalam hal penggeraknya saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya