Survei: Konsumen Mulai Nyaman Beli Mobil Secara Online

Ilustrasi membeli mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi Virus Corona atau COVID-19 membuat diler hingga pabrikan otomotif, khususnya mobil, menggenjot penjualan secara online. Dengan harapan, penjualan yang lesu saat ini bisa kembali bangkit. 

Muzdalifah Dibilang Bangkrut karena Jualan Bawang Goreng Hingga Tisu: Aku Gak Pernah Gengsi

Lalu bagaimana respons konsumen otomotif dengan cara baru beli kendaraan tersebut? Terlebih lagi dengan pembelian online para konsumen tidak bisa melakukan test drive

Dilansir dari Drive, Senin 6 Juli 2020, sebuah survei menunjukkan bahwa pembeli mobil secara online akan percaya diri jika ada jaminan atau garansi dari diler tersebut akan unit yang dia beli sesuai dengan perjanjian. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Studi yang dilakukan situs jual beli mobil di Inggris, BuyACar itu memiliki responden sebanyak 700 pembeli mobil di situs itu. 25 persen di antaranya meminta adanya jaminan dari penjual atas kualitas mobil yang dibeli. 

Sementara itu, 31 persen dari pembeli berusia 45-54 tahun dan 27 persen di kelompok usia 55-64 tahun mengaku merasa nyaman membeli mobil secara online. Sedangkan, yang berusia di bawah 25 tahun dan di atas 65 tahun merasa nyaman membeli kendaraan dengan melakukan inspeksi dan test drive terlebih dahulu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Mobil Honda Ini Bisa Buat Ngecas Tesla

Survei tersebut pun menemukan, pria dua kali lebih percaya diri dibanding wanita untuk membeli mobil secara online tanpa test drive.

Penjualan secara online ini, tampak efektif diterapkan di sejumlah merek mobil. Tesla misalnya, sang pemilik Elon Musk mengatakan, pada 2018 lalu 78 persen pemesan Model 3 dilakukan secara online. Bahkan 82 persen pembeli mobil tersebut tak pernah melakukan test drive.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya