Mengenal Lebih Dekat Bus Listrik BYD yang Diuji Transjakarta

Ilustrasi kabin bus listrik BYD yang diuji coba oleh Transjakarta
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Tak hanya bus bermesin konvensional, armada Transjakarta kini bertambah dua unit yang mengandalkan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Bus tersebut merupakan kendaraan pra-uji coba, yang akan dioperasikan selama tiga bulan.

Sebut Pekerja di Jakarta menderita, Jusuf Hamka Akan Benahi Transportasi jika Jadi Gubernur

Kepala Divisi Bus Listrik PT Transjakarta, Ery Priwan mengatakan, dua bus listrik yang diuji jalan secara resmi untuk mengangkut penumpang, pernah diuji di area wisata seperti Monas, Taman Mini dan Ancol. Sebelumnya, mobil diuji di area terbatas dengan plat putih.

"Bus ini sudah melewati beberapa proses untuk mendapatkan legalitas untuk dioperasikan, antara lain TPT Impor, sertifikat uji tipe, sertifikat registrasi uji tipe, memiliki BPKB dan STNK, uji KIR, serta telah diasuransikan," ujarnya di kantor Transjakarta, Senin 6 Juli 2020.

Video Sopir Taksi Nekat Masuk Jalur Busway hingga Terjebak Susah Keluar

Bus BYD Type K9 memiliki dimensi bodi, panjang 12 meter, lebar 2,5m, serta tingginya 3,3m. Dalam kondisi normal, bus ini bisa menampung 28 orang yang duduk, dan 20 di posisi berdiri. Meski demikian, di masa pandemi bus listrik hanya bisa menampung total 25 penumpang (duduk maupun berdiri).

Baca juga: Bus Listrik Diuji Jalan Selama 3 Bulan, Ternyata Ini Gunanya

Detik-detik Kecelakaan Beruntun di Kelapa Gading, 2 Orang Luka

Berbodi bongsor, bus ini dibekali dua motor listrik dengan dukungan baterai 324 kwh. Tenaga dari motor listrik disalurkan ke roda melalui sistem transmisi otomatis. Daya jelajahnya dalam kondisi normal bisa mencapai 250 kilometer.

Sementara tipe C6 memiliki panjang bodi 7 meter, lebar 2,1 meter, serta tinggi bodinya 3 meter. Berbeda dari model K9, pada model ini kapasitas tempat duduknya hanya 18 orang. Saat pandemi COVID-19, penumpangnya maksimal 11 orang, tanpa ada penumpang yang diposisi berdiri selama perjalanan.

Dua unit bus listrik BYD yang sedang diuji coba oleh Transjakarta

Bus listrik ini didukung oleh motor listrik single sebagai jantung penggerak, serta baterai berkapasitas 135 kWh yang menjadi sumber listriknya. Dalam kondisi baterai terisi penuh, kendaraan niaga ini bisa mencapai jarak 180 kilometer.

"Proses yang kami lakukan selama uji coba ini, mulai dari operasi 10 jam. Secara bertahap sampai nanti bisa 17 jam, dari jam 05.00 WIB sampai 22.00 WIB," kata Ery. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya