Naik Bus AKAP Saat New Normal, Posisi Duduknya Jadi Beda

Terminal Bus Cicaheum Bandung
Sumber :

VIVA – Bus menjadi salah satu moda transportasi darat pilihan bagi masyarakat. Tak hanya untuk perjalanan antar kota, trayek bus dalam negeri bahkan melayani rute antar kota antar provinsi, bahkan menyebrang pulau.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Dengan kebutuhan tersebut, tak heran kini banyak perusahaan otobus yang menawarkan jasa angkut penumpang dengan beragam pilihan tempat duduk, mulai dari konfigurasi 2-2, 3-2, sampai yang diberi sekat agar penumpang bisa rebahan selama perjalanan.

Meski demikian, konfigurasi jok 2-2 atau 3-2, membuat penumpang saling berhimpitan. Padahal, kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, mengharuskan setiap orang menjaga jarak fisik serta melakukan pembatasan sosial. 

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Kondisi ini ditanggapi oleh perusahaan karoseri bus lokal Laksana. Perusahaan pembuat bodi dan kabin bus asal Jawa Tengah itu melakukan inovasi terkait posisi duduk penumpang. Bangku di kabin bus tersebut diatur berjaarak menjadi 3 baris, yakni sisi kanan, tengah, dan kiri.

Baca juga: Sebelum Datangi Diler Resmi untuk Beli atau Servis Mobil, Ketahui Ini

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres

"Kami menghadirkan inovasi dan solusi desain Bus dimasa Pandemi ini. Kami perkenalkan Legacy SR2," demikian keterangan foto yang tertulis di akun Instagram karoseri Laksana, dikutip VIVA Otomotif, Selasa 7 Juli 2020.

Foto kabin bus buatan karoseri Laksana ini jelas menuai komentar dari warganet. Banyak yang memuji inovasi dari perubahan bangku tersebut, namun ada juga yang berkelakar bahwa bangku terebut membuat penumpang di sisi tengah merasa kesepian.

Bangku bus untuk fase Normal Baru buatan karoseri Laksana

"Kereeen. Tapi kesian klo dpt kursi deretan tengah, kalo cape mau tidur takut jatuh, nyender kiri salah nyender kanan salah," tulis @divitonadif di kolom komentar. "Udah berasa naik pesawat," komentar @aimam9976.

"Mantap min innovasinya..karena pandemi corona ga tau kapan pastinya akan berakhir...," tulis @laurensius_widi mengomentari unggahan foto bus tersebut. "Mantap seperti di pesawat mungkin bus AKAP yg lain menyediakan armada seperti itu," komentar @dedey_tyuss di Instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya