Mobil Wapres Isi Bensin Jeriken, Seliter Cuma Bisa Tempuh Sejauh Ini

Mobil Presiden RI
Sumber :
  • Irwandi Arsyad - VIVA.co.id

VIVA – Mobil dinas yang ditumpangi Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menjadi sorotan pada akhir pekan kemarin. Saat melakukan kunjungan ke Sukabumi, Jawa Barat, mobil tersebut harus diisi bensin dengan menggunakan jeriken.

Mobil Kepresidenan Indonesia akan Keluar Garasi

Awalnya, banyak yang menduga bahwa mobil mewah asal Jerman itu kehabisan bensin. Namun, isu tersebut ditampik oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar. Ia mengatakan, memang benar mobil VVIP bernomor RI 2 mengisi bensin dari jeriken, ketika melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi.

"Mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM, berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi. Saat diperlukan pengisian, dan tidak tersedia BBM yang sesuai spesifikasi mobil VVIP di SPBU, maka digunakan cadangan yang disiapkan,” ujarnya.

Adu Spek Mobil Mercy Presiden dan Limusin Mewah Jokowi di China

Mobil yang digunakan adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Tambahan kata di belakang seri menandakan bahwa mobil tersebut dilapisi dengan fitur khusus, yang dapat melindungi penumpang dari berbagai ancaman, mulai dari tembakan senapan hingga bom.

Tahun lalu, dua unit S600 Guard dalam kondisi baru didatangkan dari Jerman dan harga per unitnya diperkirakan mencapai Rp8 miliar. Kementerian Sekretariat Negara mengatakan, Presiden dan Wapres butuh mobil baru karena yang lama sudah sering rusak.

Jokowi Naik Mobil Mewah Seharga Rp11 Miliar di China, Intip Speknya

Sebelumnya, istana memiliki delapan unit S600 yang semuanya kelas S Guard, tapi harus dibagi dua jatah pemakaiannya dengan wakil presiden. Dengan aktivitas presiden dan wakil presiden yang padat dan kerap ke luar kota, jumlah tersebut dirasa kurang banyak.

Dilansir VIVA Otomotif dari Cardekho, Senin 13 Juli 2020, S600 Guard memiliki panjang 5,3 meter dan lebar 2,1 meter. Bobot mobil ini dalam kondisi bahan bakar terisi penuh, mencapai 2,8 ton.

Jantung pacunya mengandalkan mesin 12 silinder berkapasitas 6.000cc, yang dapat menghasilkan tenaga 530 daya kuda dan torsi 830 Newton meter. Dengan torsi sebesar itu, akselerasinya dari diam hingga kecepatan 100 km per jam tercatat hanya 5 detik saja.

Tangki bahan bakar S600 Guard bisa diisi hingga 80 liter bensin dengan kualitas setara Euro VI. Konsumsi bahan bakar mobil ini adalah satu liter untuk tiap jarak 7 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya