Bersaing dengan Kijang Innova, Wuling Andalkan Cortez Mesin Turbo

Wuling luncurkan Cortez Turbo versi murah
Sumber :
  • dok. Wuling Motors

VIVA –Wuling Cortez menjadi salah satu produk di segmen mobil keluarga kelas menengah di Indonesia. Kendaraan ini bersaing dengan beberapa merek, yang sudah lebih dulu eksis di pasar otomotif nasional, seperti Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Agar bisa bersaing di segmen tersebut, PT SGMW Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek mobil Wuling, mengandalkan produk bermesin turbo. Ya, saat ini tidak lagi dijumpai mobil Cortez bermesin 1.800cc. Padahal, saat peluncuran perdananya di Tanah Air, terdapat pilihan mesin non turbo.

Tidak tersedianya lagi produk Cortez bermesin 1.800cc non turbo, juga dikonfirmasi Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko. Dia mengatakan, pilihan varian tersebut tidak lagi diniagakan dan saat inj pihaknya hanya fokus memasarkan Cortez dengan mesin 1.500cc turbo.

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

“Sekarang ada 5 varian, Cortez tipe S yang baru ada MT dan CVT, tipe C MT dan CVT, tipe L cuma CVT. Kita sekarang fokusnya itu saja, yang 1.800 sudah berhenti produksi. Stok di diler kayaknya sudah habis juga,” ujarnya disitat dari 100KPJ, Kamis 23 Juli 2020.

Baca juga: Toyota Lagi Sibuk Dandani Sedan Corolla, Bakal Dijual Januari 2021

Wuling Hadirkan DC Charging, Ngecas Cuma 30 Menit dan Gratis

Jika menilisik data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Cortez dari pabrik ke diler (wholesales) sepanjang Januari sampai Juni 2020 hanya mencapai 374 unit. Pencapaian itu disumbang oleh tiga varian, Cortez 1.5C manual, 1.5C CVT dan 1.5L CVT.

“Jadi kalau cari kondisi baru di diler yang 1.800cc mungkin sudah cukup susah. Kami transisi tahun lalu, kalau dari pabrik stoknya sudah habis,” tuturnya.

Meski tak lagi menjual varian mesin 1.800cc non turbo di jajaran produk mobil keluarga kelas menengah, Wuling diketahui baru saja menambahkan dua varian baru Cortez Tubo, yakni tipe 1.5S bertransmisi manual dan 1.5S yang mengandalkan transmisi otomatis CVT.

Jika melihat dari banderolnya, kedua mobil ini ditawarkan sebagai produk entry level di segmennya. Diketahui, Cortez Turbo S bertransmisi manual dilabeli harga Rp209 juta, sementara yang bertransmisi otomatis CVT dibanderol Rp233 juta on the road Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya