Orang Luar Negeri Tergila-gila Mobil Buatan Cikarang

Suzuki XL7
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA – Pada Februari tahun ini, Suzuki Indonesia membuat kejutan dengan meluncurkan sport utility vehicle baru. Mobil tersebut diberi nama XL7, dan dijual dengan harga mulai dari Rp232 juta dengan status on the road Jakarta.

Mobil SUV Ini Baru Dijual Laku Ribuan Unit, Inden 1,5 Tahun

Terdiri dari tiga varian, XL7 Zeta merupakan varian paling rendah. Di atasnya ada Beta, dan yang paling tinggi Alpha. Ketiganya dibedakan berdasarkan fitur yang dipasang, serta pilihan warna.

Untuk memanjakan penumpang, PT Suzuki Indomobil Sales menyematkan berbagai macam fitur canggih. Mulai dari sistem hiburan dengan layar sentuh delapan inci yang bisa terhubung ke smartphone, hingga penyejuk udara dengan pengaturan digital.

Terpopuler: Mobil MPV China Super Canggih, Skuter Matik Gagah Suzuki Rp20 Jutaan

Direktur Pemasaran Kendaraan Roda Empat SIS, Donny Saputra beberapa waktu lalu mengatakan, selama kurang lebih 1,5 bulan sejak diluncurkan, mobil tersebut sudah laku 3.985 unit. Padahal, targetnya cuma 2 ribu unit per bulan dan tipe yang terlaris adalah Alpha.

Baca Juga: Daftar Mobil yang Sering Dilelang

Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Ekspektasi

Tingginya minat akan Suzuki XL7 rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Assistant Dpeartment Head Production Planning Control PT Suzuki Indomobil Motor, Aris Yuliyantoro menjelaskan, permintaan SUV berkapasitas tujuh penumpang itu di luar negeri meningkat pada Juli 2020.

“Volume ekspor bulan Juli meningkat signifikan, jika dibanding Juni. Model yang berkontribusi besar terhadap peningkatan tersebut di antaranya XL7 dan All New Ertiga. XL7 sendiri di bulan Juli menjadi model yang paling banyak dikapalkan,” tuturnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 13 Agustus 2020.

Pada bulan ke-7 tahun ini, Suzuki XL7 yang dirakit di Cikarang, Jawa Barat dikirim ke luar negeri sebanyak 2.694 unit atau setara dengan 54 persen terhadap total volume ekspor Suzuki. Sementara, All New Ertiga 1.871 unit atau 37 persen.

Sebagai informasi, Suzuki XL7 juga dipajang di pameran Bangkok Motor Show 2020, yang digelar bulan lalu di Thailand. Negara tersebut memang menjadi tujuan ekspor Suzuki, selain Vietnam, Filipina dan Meksiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya