Mobil Ini Tetap Jadi MPV Kelas Menengah Terlaris di RI

Toyota Innova TRD Sportivo
Sumber :
  • TAM

VIVA – Tak semua mobil memiliki kapasitas angkut untuk tujuh orang penumpang, serta memiliki ruang sisa untuk mengangkut barang bawaan ketika melakukan perjalanan. Hal tersebut, bisa ditemui pada jenis multi purpose vehicle alias MPV.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Ya, MPV alias mobil keluarga memang dirancang untuk bisa mengangkut penumpang, sekaligus barang bawaan dalam sekali perjalanan. Tak usah heran,  jenis mobil ini dirasa ideal untuk menunjang kebutuhan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Jenis MPV pun beragam, mulai dari kelas bawah, menengah, sampai yang bisa dikategorikan kendaraan mewah. Di mobil keluarga kelas menengah, dua produk legendaris bersaing ketat dengan jajaran mobil baru untuk merebut hati pelanggan.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Menilisik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen MPV medium diisi beberapa produk, yakni Toyota Kijang Innova, Isuzu Panther, Wuling Cortez, serta mobil yang mengusung pintu geser Nissan Serena dan Toyota Voxy.

Baca juga: Penjualan LCGC Selama Pandemi COVID-19, Model Ini yang Paling Laku

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Semua produk itu dirancang oleh pabrikannya sebagai kendaraan multifungsi, karena bisa mengangkut penumpang dan barang sekaligus. Untuk bisa melakukan tugasnya, mobil-mobil itu tentu saja memiliki kabin yang lebih luas daripada jenis kendaraan lainnya.

Terkait penjulannnya selama Januari sampai Juli 2020, produk legendaris Toyota Kijang Innova masih jadi yang terlaris. Penulusuran VIVA Otomotif dari data Gaikindo, mobil ini mencatat pengiriman unit baru dari pabrik ke diler resmi (wholesales) sebanyak 15.139 unit.

Posisi kedua terlaris berdasarkan data penjualan wholesales Gaikindo, yakni Toyota Voxy sebanyak 1.530 unit. Lalu, Wuling Cortez di posisi tiga dengan penjualan 462 unit, serta Nissan Serena yang hanya mencatat penjualan 166 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya